Medco. Foto ; Perusahaan.
Medco. Foto ; Perusahaan.

Medco Bidik Blok Migas Luar Negeri di 2020

Ekonomi medco international
Suci Sedya Utami • 10 Oktober 2019 20:47
Jakarta: Medco Energy tengah mempertimbangkan untuk mengakuisisi blok-blok minyak dan gas bumi (migas) yang berada di luar negeri.
 
Pendiri Medco Energy Arifin Panigoro mengatakan meskipun pihaknya baru saja selesai mengakuisisi Ophir Energy Plc, masih banyak potensi wilayah migas lainnya yang masuk dalam daftar bidikan perusahaan.
 
"Di luar itu (Ophir) masih banyak. Kita lihat tahun depan lah, potensinya ada, kami sedang pelajari," tutur Arifin ditemui di kantor SKK Migas, City Plaza, Jakarta, Kamis, 10 Oktober 2019.
Click to Expose

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Di sisi lain, Medco juga melepas beberapa aset yang mereka miliki. Salah satunya yakni Blok Rimau. Padahal perpanjangan blok tersebut baru diberikan pemerintah kepada Medco akhir tahun lalu.
 
Selain Blok Rimau, ada juga aset lainnya yang siap dilepas Medco. Namun demikian Arifin tidak merinci aset-aset tersebut.
 
"Ada beberapa yang oke dipertahankan, yang enggak tertarik kalau mau beli (dipersilakan) dan sudah ada beberapa," jelas Arifin.
 
Medco sebenarnya baru mendapat perpanjangan hak pengelolaan di Blok Rimau hingga 2043. Perpanjangan kontrak berlaku pasca berakhirnya kontrak pertama pada April 2023.
 
Sebelumnya Medco mengakuisisi aset-aset migas milik Ophir Energy Plc dengan nilai 390,6 juta Poundsterling atau setara dengan Rp7,2 triliun.
 
Akuisisi ini diperkirakan meningkatkan performa produksi Medco di 2019 sebesar 29 persen menjadi 110 ribu barel per hari dan kombinasi cadangan2 2P and sumber daya3 2C dari 117 persen menjadi 1,252 juta barel setara minyak per hari.
 

(SAW)

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif