NEWSTICKER
Batu bara. Foto : AFP.
Batu bara. Foto : AFP.

Adaro Energy Catat Produksi Batu Bara Capai 58,03 Juta Ton

Ekonomi batu bara adaro energy
Annisa ayu artanti • 18 Februari 2020 12:04
Jakarta: PT Adaro Energy Tbk (ADRO) mencatat produksi batu bara sepanjang 2019 sebesar 58,03 juta ton. Capaian ini meningkat tujuh persen dibandingkan dengan capaian 2018 yang sebesar 54,04 juta ton.
 
"Adaro Energy memenuhi panduan operasi dengan produksi batu bara 2019 mencapai 58,03 juta ton (Mt), tujuh persen lebih tinggi daripada 2018," kata Corporate Secretary & Investor Relations Division Adaro Energy Mahardika Putranto dalam laporan keterbukaan informasi Bursa Efek Indonesia (BEI), Selasa, 18 Februari 2020.
 
Mahardika menjelaskan produksi tersebut dihasilkan dari PT Adaro Indonesia (AI), Balangan Coal Companies dan Adaro MetCoal Companies (AMC).
Click to Expose

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Dia menjelaskan Adaro Energy dapat memenuhi panduan operasional berkat dukungan operasi yang baik, tingginya output para kontraktor, dan kondisi cuaca yang kondusif di sepanjang tahun.
 
Selain itu, Mahardika melanjutkan permintaan yang solid untuk batu bara termal dan metalurgi adalah faktor utama tercapainya penjualan di 2019. Perusahaan mencatat, penjualan sepanjang 2019 sebesar 59,18 juta ton, atau naik sembilan persen dari capaian tahun sebelumnya yang hanya 54,39 juta ton.
 
Dari penjualan tersebut, Mahardika menambahkan, wilayah Asia Tenggara masih tetap merupakan tujuan penjualan utama dengan meliputi 42 persen dari penjualan Adaro Energy di 2019. Setelah itu disusul oleh wilayah Asia Timur, India, dan Tiongkok.
 
Adapun beberapa negara yang menjadi pembeli terbesar batu bara perusahaan adalah Vietnam, Malaysia, dan Filipina. Permintaan batu bara tiga negara tersebut meningkat berkat tingginya permintaan listrik untuk memenuhi penambahan kapasitas PLTU baru.
 
Tahun ini, perusahaan berkode emiten ADRO menargetkan produksi batu bara mencapai 54 sampai 58 juta ton. Sementara rasio nisbah kupas sebesar 4,30 kali.
 

(SAW)

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif