Direktur Utama PLN Zulkifli Zaini. FOTO: MI/RAMDANI
Direktur Utama PLN Zulkifli Zaini. FOTO: MI/RAMDANI

Bos PLN Baru Siap Sehatkan Neraca Keuangan

Ekonomi listrik pln Pergantian Direksi BUMN
Antara • 24 Desember 2019 11:01
Jakarta: PT Perusahaan Listrik Negara (PLN) (Persero) mengungkapkan kesehatan neraca keuangan perusahaan merupakan salah satu poin penting untuk dapat melaksanakan mandat pemerintah. Kesehatan neraca keuangan diperlukan agar PLN bisa terus menjalankan fungsi dan tugasnya secara maksimal di masa mendatang.
 
"Tidak ada perusahaan yang mampu melaksanakan mandat kecuali keuangannya baik. Jadi kami, direksi maupun komisaris akan upayakan agar keuangan PLN sehat neracanya, sehat cash flow-nya," ujar Direktur Utama PLN Zulkifli Zaini, seperti dikutip dari Antara, di Gedung Kementerian BUMN, Jakarta, Selasa, 24 Desember 2019.
 
Selain menjaga neraca keuangan, ia menambahkan, PLN juga dituntut untuk mengatasi pemadaman listrik dan tarif yang terjangkau bagi masyarakat. "Kami menyadari harapan masyarakat, kita harus mampu atasi pemadaman listrik, sudah tentu tarif harus terjangkau," tukasnya.
Click to Expose

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Dengan demikian, ia mengatakan, pihaknya akan meningkatkan penerapan tata kelola perusahaan yang baik (good corporate governance/GCG). Zulkifli menambahkan PLN diminta pemerintah untuk turut serta berkontribusi terhadap pertumbuhan ekonomi nasional dengan menyediakan listrik hingga pelosok Tanah Air.
 
"Arahan berikutnya, Menteri BUMN meminta kepada kami, pastikan PLN jadi perushaan yang mampu topang pertumbuhan ekonomi sediakan listrik ke seluruh pelosok pedesaan," kata Zulkifli.
 
Agar dapat melaksanakan mandat pemerintah, Zulkifli menambahkan, PLN dituntut untuk menjalankan operasional secara efisien. "Artinya, didukung oleh organisasi yang solid, sumber daya manusia juga diharapkan kompeten dan saling kerja sama atau bersinergi dan memiliki orientasi untuk melayani," tegasnya.
 
Kemudian, lanjut dia, PLN dituntut menjalin kemitraan yang sehat, adil, dan ekosistem yang kondusif. "Sudah tentu kita akan memberikan pelayanan dan berkomunikasi dengan stakeholder dengan baik. Kita harap reputasi PLN ke depan lebih baik. Kita harus adopsi teknologi inovasi dan pelayanan dengan baik," pungkasnya.
 

(ABD)

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif