Illustrasi. Dok;AFP.
Illustrasi. Dok;AFP.

Proposal Pengembangan Blok Masela Masih Dikaji

Ekonomi blok masela
Annisa ayu artanti • 17 Desember 2018 15:50
Jakarta: Kepala Satuan Kerja Khusus Pelaksana Kegiatan Usaha Hulu Minyak dan Gas Bumi (SKK Migas) Dwi Soetjipto memastikan proposal pengembangan (plan of development/PoD) Blok Masela bisa rampung akhir Desember.
 
Dwi menyebutkan proposal PoD itu masih dalam pengkajan ulang sebelum diteken SKK Migas. Beberapa hal yang dikaji pada PoD tersebut adalah aspek teknologi, investasi, dan penggunaan Tingkat Kandungan Dalam Negeri (TKDN).
 
"Sekarang masih dalam kajian beberapa aspek, mudah-mudahan akhir Desember akan selesai," kata Dwi ditemui di Kantor Kementerian ESDM, Jakarta, Senin, 17 Desember 2018.
Click to Expose

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Dwi menjelaskan penggunaan teknologi sangat penting dikaji karena bisa menentukan besaran investasi pengelolaan Blok Masela di masa depan. Jika penggunaan teknologi optimal maka investasi yang dikeluarkan akan jauh lebih rendah.
 
Sementara untuk TKDN dikaji karena pemerintah menginginkan penggunaan TKDN optimal dalam pengerjaan proyak infrastruktur.
 
"Sekarang ini sedang diproses dan kita harapkan pada saat nanti kita sampaikan. Kita mendorong betul untuk TKDN bisa seoptimum mungkin," tukas dia.
 
Mantan Direktur Utama Pertamina ini sebelumnya mengatakan salah satu yang menjadi perhatiannya setelah menjabat sebagai Kepala SKK Migas adalah percepatan pengembangan lapangan abadi di Blok Masela. Dirinya menargetkan proposal pengembangan (plan of development/PoD) blok tersebut bisa rampung awal tahun depan.
 
Dwi mengatakan, harapannya dengan dipercepat PoD maka operasinya bisa lebih cepat dari target awal di 2027. Dia bilang onstream-nya bisa maju satu hingga dua tahun sehingga bisa menciptakan efisiensi.
 

(SAW)

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif