Inalum: Kisaran Angka Divestasi Freeport Terbaik

Annisa ayu artanti 22 Juni 2018 11:18 WIB
freeportinalum
Inalum: Kisaran Angka Divestasi Freeport Terbaik
Direktur Utama Inalum Budi Gunadi Sadikin. (FOTO: Medcom.id/Annisa Ayu)
Jakarta: Induk holding BUMN tambang, PT Inalum (Persero) merasa hasil valuasi divestasi 51 persen saham PT Freeport Indonesia sekitar USD3 miliar sampai USD5 miliar merupakan angka terbaik.

Hal itu disampaikan Direktur Utama Inalum Budi Gunadi Sadikin mengomentari kisaran harga divestasi yang sudah dilaporkan ke Presiden Joko Widodo (Jokowi) beberapa waktu lalu.

"Insyaallah harusnya urusan valuasi bisa mendapatkan angka yang terbaik," kata Budi di Kantor Kementerian ESDM, Jakarta, Jumat, 22 Juni 2018.

Jika harga divestasi itu memang berada di kisaran USD3 miliar sampai USD5 miliar, menurut Budi pendanaan yang disiapkan holding BUMN tambang untuk membeli saham sudah sangat cukup. Namun dia belum mau menjelaskan rinci mengenai hal itu.

"Ya. Walaupun besaran angkanya saya belum bisa ngomong," imbuh dia.

Ia menargetkan sebisa mungkin divestasi dilakukan secepatnya. Sejuah ini, kemajuan negosiasi sudah sangat signifikan.

"Kita sedang berusaha keras karena selain angka, kan ada masalah terms and conditions yang perlu disetujui. Tapi sekarang memang sudah maju sangat jauh. Pembicaraannya sudah ditahap itu, jadi hak dan kewajiban seperti apa," jelas dia.

Seperti diketahui ada empat hal yang menjadi poin penting dalam negosiasi antara pemerintah dengan PT Freeport Indonesia yaitu kewajiban membangun PT Freeport Indonesia membangun fasiliatas pengolahan dan pemurnian (smelter), kewajiban PT Freeport Indonesia melakukan divestasi 51 persen, stabilitas fiskal, dan perubahan status kontrak dari Kontrak Karya menjadi Izin Usaha Pertambangan Khusus (IUPK). Ketika keempat poin selesai, PT Freeport Indonesia akan mendapatkan perpanjangan operasi 2x10 tahun hingga 2041.

 



(AHL)

Dapatkan berita terbaru dari kami.

Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

Powered by Medcom.id