Menteri ESDM Ignasius Jonan saat menjajal motor listrik. (FOTO: MTVN/Desi)
Menteri ESDM Ignasius Jonan saat menjajal motor listrik. (FOTO: MTVN/Desi)

Menteri Jonan Jajal Motor Listrik

Ekonomi motor listrik rehat ignasius jonan
Desi Angriani • 19 Oktober 2017 11:52
medcom.id, Jakarta: Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) Ignasius Jonan melakukan uji coba motor listrik Gesits yang digagas oleh Garansindo Group bersama lnstitut Teknologi Sepuluh Nopember (ITS).
 
Jonan menjajal motor listrik buatan anak negeri tersebut di halaman depan Gedung Heritage Kementerian ESDM. Mantan Menteri Perhubungan ini tampak mengelilingi halaman hingga empat kali dengan wajah sumringah.
 
"Ini enak banget lho, gesit," kata Jonan di halaman depan Gedung Heritage Kementerian ESDM, Jakarta, Kamis 19 Oktober 2017.
Click to Expose

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Sebelum menaiki skuter, Jonan terlebih dahulu mengecek bagian mesin dan kondisi baterai dari motor listrik berdaya 5 kilowatt tersebut.
 
Jonan mengaku bertemu dengan penggagas motor listrik Gesits di Doha, Qatar beberapa waktu lalu. Dalam pertemuan itu, dia mendukung produksi motor listrik untuk mengurangi dampak lingkungan dari penggunaan bahan bakar fosil serta mendorong kemandirian energi nasional.
 
Menteri Jonan Jajal Motor Listrik
Menteri Jonan saat menjajal motor listrik. (FOTO: MTVN/Desi)
 
"Saya hampir sepuluh bulan lalu bertemu Memet di Doha. Dulu beliau cerita mau bikin motor listrik. Pak Memet ini bikin dengan Wika dan juga tim ITS, lumayan ya salah satu pertimbangannya terhadap dampak lingkungan yang kedua kemandirian energi nasional," tutur dia.
 
Oleh sebab itu, Kementerian ESDM menyarankan PT GESITS Technologies Indo (GTI) menjual harga motor listrik dengan harga yang bersaing dengan motor biasa. Dengan begitu, Jonan yakin penggunaan motor listrik akan booming beberapa tahun ke depan.
 
"Saya sarankan kalau bisa harga jualnya bersaing dengan motor BBM harganya mungkin jauh berat," tutup dia.
 
PT WIKA Industri dan Konstruksi, bersama ITS, serta GTI, salah satu dari perusahaan Garansindo Group, siap memproduksi sepeda motor listrik.
 
Berwujud skuter, GESITS mengaplikasi motor elektrik berdaya 5kW dengan torsi mencapai 15Nm pada 3.000 rpm. Untuk menggerakkan motor elektriknya GESITS dibekali baterai Lithium-ion dengan sistem manajemen baterai yang seluruhnya merupakan produk dalam negeri.
 
Hanya dibutuhkan waktu maksimal tiga jam untuk mengisi ulang energi pada baterai GESITS. Dalam kondisi baterai terisi daya penuh GESITS mampu menempuh jarak 80-100 km dengan kecepatan maksimum mencapai 100 km per jam.
 

 

(AHL)

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif