Menteri ESDM Ignasius Jonan menjajal motor satgas penjual BBM. ANT/Oky Lukmansyah.
Menteri ESDM Ignasius Jonan menjajal motor satgas penjual BBM. ANT/Oky Lukmansyah.

Menteri ESDM Jajal Motor Penjual BBM

Ekonomi kemacetan lalu lintas
Sunnaholomi Halakrispen • 03 Juni 2018 06:54
Jakarta: Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) Ignasius Jonan menjajal motor penjual bahan bakar minyak (BBM) milik Pertamina. Motor penjual BBM ini akan menyalurkan BBM di tengah kemacetan lalu lintas mudik Lebaran 2018.
 
"Satu motor dapat membawa 50 liter. Total yang disiapkan di jalur mudik Jawa dan Sumatera sekitar 200 motor untuk mengantisipasi kendaraan yang kehabisan BBM saat terjebak kemacetan arus lalu lintas," ujar Jonan melalui keterangan tertulis, Sabtu, 2 Juni 2018.
 
Sebanyak 200 motor itu telah ditempatkan di beberapa titik yang dinilai rawan macet. Sedangkan, sebanyak 40 motor diposisikan di jalur tol yang berada di sepanjang Pulau Jawa.
Click to Expose

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Motor yang dijajal Jonan memiliki lima jeriken untuk menampung BBM. Satu jeriken memiliki kapasitas 10 liter BBM.
 
Sedangkan terkait ketersediaan BBM, Jonan akan menambah jumlah SPBU yang menjual BBM jenis premium di Jawa, Madura, dan Bali. Penambahan ini mengantisipasi meningkatkan BBM jenis premiun jelang mudik Lebaran 2018.
 
"Sesuai arahan bapak Presiden, sebisa mungkin premium disediakan lebih merata. Jadi SPBU yang menjual premium akan meningkat dari sekitar 1.500 SPBU menjadi 2.000 lebih di Jamali (Jawa, Madura, dan Bali). Satu hari satu SPBU bisa menyuplai premiun 8.000 liter, itu cukup. Itu banyak lho," jelas mantan Menteri Perhubungan itu.

 

(DRI)

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi