Ilustrasi. FOTO: dok MI.
Ilustrasi. FOTO: dok MI.

YLKI: Pencabutan Subsidi Listrik Tak Transparan

Ekonomi subsidi listrik Subsidi Energi
Annisa ayu artanti • 09 September 2019 11:06
Jakarta: Pencabutan subsidi golongan pelanggan 900 VA dinilai Yayasan Lembaga Konsumen Indonesia (YLKI) tidak transparan.
 
Ketua YLKI Tulus Abadimengatakan kesepakatan yang diputuskan badan anggaran Dewan Perwakilan Rakyat (DPR) dan pemerintah terlihat terlalu mudah. Mereka dinilai tidak transparan dan tidak akuntabel dalam memutuskan agenda besar tersebut.
 
"Pemerintah harus menunjukkan dengan indikator yang terukur, apakah mereka digolongkan mampu karena pendapatannya mengalami peningkatan? Atau indikator apa? Jangan-jangan hanya sulapan saja," kata Tulus dalam keterangan tertulis yang diterima Medcom.id, Senin, 9 September 2019.
Click to Expose

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Jika tujuan dari pencabutan subsidi listrik golongan pelanggan 900 VA ini untuk mengurangi tingginya subsidi energi, menurutnya tidak tepat.
 
Ia membeberkan lebih baik memangkas subsidi gas elpiji 3 kg. Sabab, dibandingkan dengan penyaluran subsidi listrik, pemanfaatan gas elpiji 3 kg banyak yang salah sasaran.
 
"Dikarenakan distribusi gas elpiji 3 kg bersifat terbuka, siapa pun bisa membeli, tak peduli rumah tangga miskin atau rumah tangga kaya. Padahal peruntukkan gas elpiji 3 kg adalah untuk rumah tangga miskin," ujar dia.
 
Lebih lanjut, ia menjelaskan pencabutan subsidi listrik golongan 900 VA harus dilakukan secara ekstra hati-hati, karena bisa mengerek tingginya laju inflasi dan memukul daya beli masyarakat. Apalagi, jika kenaikan iuran BPJS Kesehatan sebesar 100 persen diberlakukan.
 
"Pemerintah seharusnya tidak melakukan kebijakan ini secara serentak," ucapnya.
 
Selain itu, YLKI juga meminta agar dana pencabutan subsidi listrik tersebut juga sebagian untuk memberikan insentif ke pedesaan, melalui dana desa, untuk mengembangkan sumber sumber energi baru terbarukan (EBT).
 
"Jadi dana desa bukan hanya untuk pengerasan jalan saja, atau untuk konblokisasi," tukas dia.
 

 

(AHL)

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif