Illustrasi - - Dok: AFP
Illustrasi - - Dok: AFP

ExxonMobil Diyakini Mampu Tingkatkan Produksi Minyak di Blok Cepu

Ekonomi blok cepu kementerian esdm exxon mobil
Suci Sedya Utami • 14 Juni 2019 16:59
Jakarta: Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) meyakini ExxonMobil mampu meningkatkan produksi di Blok Cepu, Blora, Jawa Tengah. Kontraktor Kontrak Kerja Sama (KKKS) asal Texas, Amerika Serikat itu memang tengah menjajal Lapangan Banyu Urip, Blok Cepu.
 
Direktur Jenderal Minyak dan Gas (Migas) Kementerian ESDM Djoko Siswanto mengatakan ExxonMobil didukung oleh teknologi yang mumpuni dalam menjalankan kegiatan ekplorasi di hulu migas. Dengan adanya teknologi tersebut, dipercaya bisa berpengaruh pada peningkatan produksi.
 
"Sampai saat ini teknologi yang ada itu mampu memproduksi minyak yang dikembangkan oleh Exxon sebesar 50 persen," kata Djoko di Kementerian ESDM, Jakarta Pusat, Jumat, 14 Juni 2019.
Click to Expose

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Dia bilang teknologi yang dimiliki ExxonMobil dapat menjaga tekanan di dalam area penghasil minyak agar tetap stabil. Tekanan tersebut, kata Djoko, yang membuat minyak keluar sehingga tercatat menjadi produksi bahkan bisa melebihi perkiraan waktu puncak produksi (peak) dua tahun.
 
Selain itu, teknologi ExxonMobil juga mampu menjaga kadar air di dalam wilayah eksplorasi tidak terlalu banyak untuk menghasilkan minyak.
 
"Makannya sampai sekarang produksi masih bagus, kalau ini berjalan panjang, terus ditemukan lagi minyak, ya peak-nya bisa bertahan lama," jelas dia.
 
Sebelumnya, Vice President Public and Government Affair ExxonMobil Erwin Maryoto mengatakan produksi Banyu Urip ditingkatkan hingga mencapai 225 ribu barel per hari (bopd) selama sebulan terakhir.
 
Tes produksi akan berlangsung hingga enam bulan ke depan. Tes ini dilakukan untuk memastikan peningkatan produksi bisa dilakukan dengan aman terhadap cadangan minyak dan fasilitas produksi Banyu Urip.
 
Dari perhitungan ExxonMobil, cadangan minyak Banyu Urip masih cukup aman untuk peningkatan produksi lebih dari 220 ribu bopd. Pasalnya, ExxonMobil telah berhasil menambah cadangan minyak yang awalnya hanya sebesar 450 juta pada 2006 menjadi 823 juta barel pada tahun lalu.
 

(Des)
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif