Illustasi. Dok: AFP.
Illustasi. Dok: AFP.

Dapat Modal Puluhan Triliun, Grab Masih Galang Pendanaan

Ekonomi mobil listrik grab
Annisa ayu artanti • 06 Maret 2019 19:05
Jakarta: Grab masih akan membuka pintu bagi investor yang ingin berinvestasi di Grab, meski perusahaan telah memperoleh kucuran modal puluhan triliun.
 
Presiden Direktur Grab Indonesia Ridzki Kramadibrata mengatakan Grab tetap membuka peluang investor berinvestasi di Grab. Sebab, saat ini Grab sudah menjadi beyond decacorn. Adapun, decacorn adalah sebutan untuk perusahaan rintisan atau startup yang memiliki valuasi USD10 miliar.
 
"Seperti disebutkan tadi, ini (pendanaan hari ini) bukan akhir, karena kita masih melihat minat yang sangat besar," kata Ridzki saat konferensi pers di kawasan Rasuna Said, Jakarta, Rabu, 6 Maret 2019.
Click to Expose

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Ridzki menjelaskan Grab telah mendapatkan suntikan dana sebesar USD4,5 miliar dari sejumlah investor. Meski begitu, Grab tetap membuka pendanaan lagi baik dari investor global maupun regional.
 
"Kita tidak menutup karena minat investasi kepada Grab ini masih sangat tinggi dari global investors maupun regional investors," jelas dia.
 
Seperti diketahui, Grab telah mendapatkan kucuran modal sebesar USD4,5 miliar dari pendanaan serie H. Adapun pemodal yang mempercayai investasinya di Grab adalah SoftBank Vision Fund, Toyota Motor Corporation, Oppenheimer Funds, Hyundai Motor Group, Booking Holdings. Microsoft Corporation, Ping An CapitaL dan Yamaha Motor. Softbank menjadi investor terbesar pada pendanaan serie H ini yaitu sebesari USD1,46 triliun.
 
Kucuran Rp20,6 triliun
 
Baru-baru ini Grab kembali mendapatkan kucuran dana investasi senilai USD1,46 miliar atau setara Rp20,65 triliun (kurs Rp14.145 per USD) dari Softbank Vision Fund usai Grab menjadi perusahaan decacorn. Adapun decacorn adalah perusahaan dengan valuasi melebihi USD10 miliar.
 
Co-Founder and CEO Grab Anthony Tan mengatakan SoftBank Vision Fund merupakan investor strategis jangka panjang bagi Grab. Sebelum mengucurkan modal ini, SoftBank telah menyuntikan modal ke Grab.
 
"Investasi ini merupakan salah satu bentuk nyata dari visi Grab sebagai super app nomor satu di Asia Tenggara dalam mengembangkan ekosistem teknologi di kawasan ini," kata Antony, dalam sebuah konferensi pers, di kawasan Rasuna Said, Jakarta, Rabu, 6 Maret 2019.

 

(SAW)
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif