Ilustrasi. FOTO: MI/Panca Syurkani.
Ilustrasi. FOTO: MI/Panca Syurkani.

Pemanfaatan Limbah Smelter Diharapkan Tarik Investasi

Ekonomi investasi smelter
Eko Nordiansyah • 13 September 2019 18:14
Jakarta: Pemerintah berharap pemanfaatan limbah tambang (slag) dari fasilitas pengolahan hasil tambang logam (smelter) bisa mengundang investasi. Apalagi ada peluang untuk memanfaatkan slag sebagai bahan baku seperti aspal sampai pembuatan batako.
 
Meski begitu, pemerintah perlu melihat aturan yang ada. Direktur Jenderal Industri Logam, Mesin, Alat Transportasi, dan Elektronika Kementerian Perindustrian (Kemenperin) Harjanto mengatakan aturan pemanfaatan slag harus disesuaikan dengan standar internasional.
 
"Jadi kan kita ingin industri maju. Nilai tambah dibangun dalam negeri investasi masuk sehingga untuk ke sana kita harus berkaca kepada ketentuan-ketentuan standar internasional," kata dia di Kantor Kemenko Perekonomian, Jakarta Pusat, Jumat, 13 September 2019.
Click to Expose

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Selama ini pemanfaatan limbah smelter masih terkendala sejumlah peraturan. Hal ini sebagaimana tertuang dalam Peraturan Pemerintah (PP) Nomor 101 Tahun 2014 tentang Pengelolaan Limbah Bahan Berbahaya dan Beracun (B3).
 
"Sepanjang itu produknya bisa diterima standar lingkungan dan sebagainya. Ya tentunya ini harus bisa disimplifikasi lah aturan-aturan yang ada sehingga itu enggak menjadi beban dari pada industri-industri itu sendiri," ungkapnya.
 
Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (LHK) ingin memastikan investasi yang masuk tetap memperhatikan aspek lingkungan hidup. KLHK akan melihat dampak penggunaan slag jika tidak lagi dikategorikan sebagai B3.
 
"Memang dicek peraturan ini dan itu, tapi tugas kami kalau industri kan bagaimana industri maju, kalau kami memastikan investasi yang masuk tetap menjaga lingkungan hidup dan menaati peraturan," ujar Direktur Jenderal Pengelolaan Sampah, Limbah, dan Bahan Beracun Berbahaya KLHK Rosa Vivien Ratnawati.
 

(AHL)

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif