Elpiji 3KG. Foto : MI/Liliek.
Elpiji 3KG. Foto : MI/Liliek.

Pertamina Siap Dukung Subsidi Tertutup LPG 3 Kg

Ekonomi elpiji 3 kg
Suci Sedya Utami • 15 Januari 2020 21:40
Jakarta: PT Pertamina (Persero) siap menjalankan kebijakan distribusi subsidi tertutup untuk LPG 3 kg yang rencananya akan diberlakukan oleh pemerintah di tahun 2020.
 
"Sebagai operator pada prinsipnya Pertamina siap dengan kebijakan pemerintah terkait mekanisme distribusi LPG 3 kg, termasuk jika nanti akan dilaksakan dengan sistem tertutup," kata VP Corporate Communication Pertamina Fajriyah Usman pada Medcom.id, Rabu, 15 Januari 2020.
 
Fajriyah mengatakan perseroan akan selalu memastikan ketersediaan produk serta lembaga penyalur dalam rangka mendukung mekanisme yang dipilih pemerintah tersebut. Lebih lanjut dirinya mengatakan Pertamina masih menunggu arahan pemerintah selanjutnya.
Click to Expose

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


"Kami menunggu arahan selanjutnya dari pemerintah untuk skema dan waktu pelaksanaannya," jelas dia.
 
Seperti diketahui pemerintah bakal membatasi penyaluran subsidi LPG 3 kg di tahun ini agar lebih tepat sasaran. Opsinya nanti penyaluran LPG bersubsidi akan menggunakan Quick Response (QR) code atau biometrik wajah.
 
Plt Direktur Jenderal Minyak dan Gas Bumi (Dirjen Migas) Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) Djoko Siswanto mengatakan saat ini pihaknya tengah melakukan persiapan untuk menuju subsidi tepat sasaran. Djoko bilang uji coba telah dilakukan di beberapa tempat dengan menggunakan kartu dan lain-lain.
 
"Tapi Pertamina paling (efektif) yang pakai QR Code. Nanti yang beli langsung terekam. Misalnya beli tiga tabung Rp100 ribu, nanti langsung transfer ke QR code ini," kata Djoko.
 
Sekretaris Jenderal Kmeneterian ESDM Ego Syahrial mengatakan LPG 3 kg merupakan salah satu komponen subsidi terbesar yang mengandalkan dana Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara (APBN).
 
"Kita ingin mengendalikan, karena itu salah satu kontribusi subsidi terbesar di republik ini," kata Ego.
 
Saat ini Kementerian ESDM tengah membangun sistem untuk mendistribusikan subsidi tertutup tersebut. Mekanisme subsidi tertutup yakni langsung disalurkan pada masyarakat yang memang berhak membutuhkan. Sebab saat ini pengguna LPG tabung melon tidak dibatasi, artinya masyarakat yang mampu saat ini masih bisa mengkonsumsi LPG 3 kg.
 
Dalam skema awal subsidi tertutup yang dirancang tahun lalu, masyarakat yang layak mendapatkan elpiji subsidi akan membeli sesuai harga keekonomian namun selisih dari harga keekonomian dan harga yang disubsidi akan ditransfer melalui kartu-kartu bantuan sosial. Namun untuk mekanisme terbaru di tahun ini, pemerintah masih belum menentukan metode pemberian subsidi yang dimaksud.
 
Mengacu data Kementerian Keuangan, pada tahun ini, subsidi LPG 3 kg dialokasikan sebesar Rp50,6 triliun untuk volume tujuh juta metrik ton. Sementara realisasi sementara subsidi LPG 3 kg pada tahun lalu tercatat sebesar Rp58 triliun, di bawah alokasi awal Rp75,22 triliun. Sejalan, mengacu data Kementerian ESDM, realisasi penyaluran LPG 3 kg tahun lalu sebesar 6,84 juta metrik ton, lebih rendah dari kuota 6,97 juta metrik ton.
 
Berdasarkan data pemerintah, konsumsi LPG bersubsidi terus naik setiap tahunnya. Pada 2012 lalu, konsumsi LPG 3 kg masih di kisaran 3,8 juta ton. Namun, konsumsinya meningkat menembus 5,6 juta ton di 2015, enam juta ton di 2016, 6,3 juta ton di 2017, dan mencapai 6,55 juta ton pada 2018.
 
Kenaikan konsumsi ini diikuti kenaikan subsidi LPG yang harus dikucurkan pemerintah setiap tahunnya. Di 2012, subsidi LPG 3 kg tercatat hanya sebesar Rp32,78 triliun, melebihi pagu yang ditetapkan Rp29,13 triliun. Selanjutnya, subsidi LPG ini membengkak menjadi Rp47,71 triliun di 2014.
 
Subsidi LPG ini sempat terpangkas pada 2015 menjadi Rp 30,51 triliun dan pada 2016 kembali turun menjadi Rp26,6 triliun lantaran anjloknya harga minyak mentah. Namun, subsidi kembali membengkak di 2017 menjadi Rp43,76 triliun dan mencapai Rp58,14 triliun di 2018.
 

(SAW)

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif