Logo Elnusa (Foto: Dokumentasi Elnusa)
Logo Elnusa (Foto: Dokumentasi Elnusa)

Minyak Dunia Anjlok, Elnusa Siap Ambil Porsi Pasar Asing

Dian Ihsan Siregar • 16 Februari 2016 15:07
medcom.id, Jakarta: PT Elnusa Tbk (ELSA) mencatat harga minyak yang tengah anjlok masih memberikan dampak positif bagi bisnis perseroan sekarang ini. Sebab, perusahaan minyak dan gas (migas) dari asing mulai goyang dan lebih fokuk untuk induk usahanya yang berada di luar negeri.
 
Direktur Utama Elnusa ‎Syamsurilzal Munaf mengatakan, dengan goyangnya perusahaan migas asing maka membuat perusahaan migas nasional meningkatkan porsi pengusaannya di pasar. Hal itu terjadi lantaran perusahaan migas asing di Indonesia sampai saat ini masih dominan menguasai pasar.
 
"Kalau kita lihat 80 persen itu asing, pemain migas asing sedang sibuk menghadapi masalah penurunan harga minyak. Jadi mereka akan balik ke headquarter mereka," tutur Syamsurizal, ditemui di Gedung Bursa Efek Indonesia (BEI), Jakarta, Selasa (16/2/2016).

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Ia menilai, dengan adanya peluang penurunan porsi penguasaan asing di pasar Indonesia, maka Elnusa siap untuk meningkatkan market share hingga 10 persen. Berbagai macam upaya siap dilakukan untuk mencapai target tersebut.
 
"Inilah sebenarnya menjadi peluang untuk kita yang tinggal di bumi pertiwi ini. Walaupun size market turun, katakanlah 30-40 persen dan 80 persen orang asing yang pergi. Itu berarti 56 persen dari original size yang akan kita tingkatkan," sebut Syamsurizal.
 
Sekadar diketahui, posisi market share Elnusa sekarang ini berada di angka 5-6 persen dari market size. Kedepannya, dengan asing yang sedang turun, maka market share perseroan akan dinaikkan menjadi 8-10 persen‎.
 
(ABD)


LEAVE A COMMENT
LOADING

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif