Ilustrasi (FOTO: AFP)
Ilustrasi (FOTO: AFP)

Pertamina Diwajibkan Gandeng Mitra Kelola Blok Rokan

Ekonomi migas pertamina Blok Rokan
Suci Sedya Utami • 18 Januari 2019 14:02
Jakarta: Pemerintah mewajibkan PT Pertamina (Persero) untuk mencari mitra kerja dalam mengelola Blok Rokan di Riau, Sumatera. Pasalnya, hal tersebut telah dicantumkan dalam syarat dan keterntuan atau term and condition (TnC).
 
Wakil Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) Arcandra Tahar mengatakan dalam TnC dinyatakan Pertamina wajib menggandeng mitra yang memiliki kemampuan di bidang hulu. Dia menambahkan Pertamina memiliki kesempatan untuk mencari mitra dan tidak ada batas waktu yang ditentukan kapan Pertamina harus sudah bermitra.
 
"Kan ada di TnC ditulis wajib menggandeng mitra," kata Arcandra, di Kementerian ESDM, Jakarta Pusat, Jumat, 18 Januari 2018.
Click to Expose

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Sebelumnya Direktur Hulu Pertamina Dharmawan H Samsu mengatakan dalam ketetapan Menteri ESDM, Pertamina diwajibkan untuk mencari mitra dalam mengelola Blok Rokan. "Mengenai Blok Rokan, dalam ketetapan menteri diwajibkan untuk mencari mitra," kata Dharmawan.
 
Adapun pemerintah memutuskan Pertamina sebagai pemenang penawaran untuk mengelola Blok Rokan di Riau selama 20 tahun ke depan dari 2021 hingga 2041. Pertamina akan mengambil alih pengelolaan blok migas terbesar di Tanah Air ini dari Chevron Pacific Indonesia yang memegang kelola hingga 2021.
 
Guna mempertahankan produksi dalam proposal, Pertamina menyampaikan akan memanfaatkan teknologi Enhance Oil Recovery (EOR) yang juga telah diterapkan di lapangan-lapangan migas Pertamina, seperti di Rantau, Jirak, Tanjung yang dikelola Pertamina EP, termasuk penerapan steamflood yang sudah dilakukan dan berhasil di lapangan PHE Siak.
 

(ABD)

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi