Ilustrasi. (FOTO: dok Pertamina)
Ilustrasi. (FOTO: dok Pertamina)

Cara Pertamina Penuhi Pasokan BBM di Jalur Mudik Satu Arah

Ekonomi pertamina stok bbm
Suci Sedya Utami • 31 Mei 2019 18:12
Cikampek: PT Pertamina (Persero) Marketing Operation Region (MOR) III, telah mengantisipasi ketersediaan BBM pada momen pemberlakuan jalur satu arah selama arus mudik Lebaran 2019.
 
Pemberlakuan jalur satu arah telah mulai diterapkan hari ini dari jalan tol Cikampek di KM 70 sampai dengan Brebes di KM 263 sejak pukul 08.00 WIB. Pertamina pun telah menyediakan pasokan BBM yang mencukupi di sisi kiri maupun kanan jalan tol.
 
Pertamina MOR III telah menambah pasokan gasoline seiring dengan peningkatan kebutuhan akan produk gasoline yang naik 10 persen selama masa Satgas Ramadan dan Idulfitri tahun ini. Sedangkan untuk produk gasoil mengalami penurunan permintaan sebanyak sembilan persen.
Click to Expose

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


"Pertamina MOR III telah menyiapkan sejumlah fasilitas tambahan untuk penyediaan BBM di lajur kiri maupun kanan, untuk memudahkan pemudik," ujar Unit Manager Communication Relations dan CSR Pertamina MOR III Dewi Sri Utami dalam keterangan resminya, Jumat, 31 Mei 2019.
 
Selain SPBU reguler yang sudah ada, sejumlah outlet BBM seperti Kios Pertamina Siaga, SPBU Modular dan Mobile Storage telah berada di sejumlah titik jalur One Way.
 
Kios Kemasan Pertamina Siaga berada di delapan titik yakni:
1. Jalur kiri: Rest Area KM 86A, KM 102 A, KM 130A dan KM 207
2. Jalur Kanan: Parking Bay KM 71 B, Rest Area KM 86 B, km 130B dan KM 208B.
 
Sementara di Kios Kemasan Pertamina Siaga tersebut juga sudah disiagakan Motor Kemasan Pertamina Siaga. Sementara SPBU Modular, yakni SPBU Mini portabel disiagakan di ruas:
1. Jalur Kiri: Rest Area KM 86A, KM 130A dan KM 207A.
2. Jalur kanan: Rest Area KM 86B, KM 130B.
 
Pertamina juga menyiagakan mobile storage atau SPBU kantong yaitu mobil tangki pengangkut BBM di SPBU untuk mengantisipasi kemacetan. Untuk tol Cipali, akan ada disiagakan tujuh Mobile Storage di SPBU yang berada di jalur tersebut, untuk mengamankan suplai BBM.
 
Sedangkan untuk mengantisipasi kelancaran pasokan BBM apabila terjadi kepadatan lalu lintas saat one way diberlakukan, Pertamina berkoordinasi dengan aparat kepolisian setempat yang akan mengawal mobil tangki BBM masuk melalui pintu keluar, dan menggunakan jalur contraflow.
 
Dewi mengimbau masyarakat untuk memenuhi tangki BBM (full tank) kendaraannya sejak berangkat. Apabila menemukan SPBU, pemudik juga bisa memenuhi lagi tangki BBMnya.
 
"Tidak perlu menunggu setengah kosong, jika ada SPBU kami berharap masyarakat langsung mengisi kembali tangki BBMnya supaya pemudik aman dan nyaman dalam perjalanan," tambah Dewi.
 
Pertamina juga menyediakan Rumah Pertamina Siaga (RPS) yakni tempat Pertamina melayani seluruh anggota keluarga yang telah menjalankan perjalanan jauh. RPS dilengkapi dengan berbagai fasilitas seperti alat pijat, tempat salat, taman bermain anak, ruang menyusui, hingga tempat pengisian baterai (charging station).
 

(AHL)

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif