Tambang Freeport. (FOTO: AFP)
Tambang Freeport. (FOTO: AFP)

DPD Bangga Bantu Pemerintah Ambil Freeport

Ekonomi Pidato Kenegaraan 2019
Annisa ayu artanti • 16 Agustus 2019 10:54
Jakarta: Dewan Perwakilan Daerah Republik Indonesia (DPD) mengklaim telah berkontribusi dalam pengambilalihan 51 persen saham PT Freeport Indonesia (PTFI). Hal itu disampaikan Ketua DPD Oesman Sapta dalam sidang bersama DPD-DPR.
 
Ia mengatakan telah memfasilitasi pertemuan antara pemerintah daerah dengan PTFI.
 
"Kami juga bersyukur karena DPD juga telah berhasil memfasilitasi pertemuan antara pemerintahan daerah Papua dengan Freeport terkait pembayaran pajak air permukaan," kata Oesman di Gedung Nusantara, Kompleks DPR-MPR, Jakarta, Jumat, 16 Agustus 2019.
Click to Expose

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Menurutnya, dalam mengambil alih saham anak usaha Freeport McMoran diperlukan nyali yang besar. Pemerintah pusat dan daerah telah bersinergi dalam mewujudkan hal itu.
 
"Diperlukan niat dan nyali yang besar untuk mewujudkan ekonomi berdikari sebagai kekuatan utama dalam membangun bangsa," sebut Oesman.
 
Pada 21 Desember 2018 pemerintah resmi memiliki persentase mayoritas atas Freeport Indonesia. Saat itu Jokowi di Istana Negara mengatakan pengambilan Freeport adalah keputusan besar untuk kemakmuran rakyat. Sebab, seluruh pendapatan yang berasal dari pajak dan non-pajak akan diberikan kepada rakyat Indonesia.
 
"Tadi juga disampaikan nantinya pendapatan, baik dari pajak maupun non pajak royalti semuanya akan tentunya saja kan lebih besar lebih baik," kata Jokowi.
 

(AHL)

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif