Ilustrasi tambang Freeport - - FOTO: MI/Agus Mulyana
Ilustrasi tambang Freeport - - FOTO: MI/Agus Mulyana

Claus Wamafma, si Putra Papua Pertama yang Jadi Bos Freeport

Ekonomi freeport Pergantian Direksi BUMN
Desi Angriani • 18 Februari 2020 12:22
Jakarta: Direktur baru PT Freeport Indonesia (PTFI) berasal dari Papua. Penetapan Claus Wamafma sebagai bos perusahaan tambang asal AS itu dilaksanakan pada 7 Februari 2020 yang lalu.
 
Berdasarkan informasi yang dirangkum Medcom.id, Selasa, 18 Februari 2020, Claus sudah berkarier lebih dari 20 tahun di PTFI.
 
Ia pernah menjabat sebagai Senior Vice President (SVP) atau membawahi CSR (Corporate Social Responsibility), partnership fund, serta community development.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Sebelum menjabat SVP, Claus ditunjuk sebagai Pengawas Umum Pergudangan serta Manajer Pergudangan selama 2008 sampai 2011.
 
Claus tercatat menempuh pendidikan di SMA 2 Jayapura. Ia kemudian meraih gelar sarjana pada 1998 dan gelar master di Institut Teknologi Bandung (ITB) pada 2009.
 
Saat ini, jajaran manajemen PT Freeport Indonesia diduduki oleh Richard C Adkerson sebagai Presiden Komisaris, Orias Petrus Moedak sebagai Wakil Presiden Komisaris, dan Adrianto Machribie, A.M. Fachir, Hinsa Siburian, dan Kathleen Lynne Quirk sebagai komisaris.
 
Sementara jajaran direksi diduduki oleh Clayton Allen Wenas sebagai Presiden Direktur, Jenpino Ngabdi sebagai Wakil Presiden Direktur, dan Achmad Ardianto, Claus Wamafma, Mark Jerome Johnson, dan Robert Charles Schroeder sebagai direktur.
 
Jumlah pegawai PT Freeport Indonesia sebanyak 7.096 orang. Di antaranya 2.890 orang atau 40,7 persen merupakan orang Papua, dan 57,2 persen merupakan nonPapua, dan sisanya ekspatriat.
 
(Des)


FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif