Direktur Utama Pertamina Dwi Soetjipto (ANTARA FOTO/Puspa Perwitasari)
Direktur Utama Pertamina Dwi Soetjipto (ANTARA FOTO/Puspa Perwitasari)

Jadi Calon Terkuat, Rosneft Tawarkan Pertamina Bisnis Upstream di Rusia

Ekonomi kilang tuban
Suci Sedya Utami • 29 April 2016 15:07
medcom.id, Papua: PT Pertamina (Persero) mencatat dari beberapa prefered bidder yang ada, perusahaan energi milik negara asal Rusia, Rosneft menjadi calon kuat pemenang tender lelang kerja sama pembangunan Kilang Tuban.
 
Direktur Utama Pertamina Dwi Soetjipto menjelaskan alasan mengapa Rosneft menjadi kandidat terkuat partner proyek Kilang Tuban yakni karena perusahaan Rusia itu tidak hanya menawarkan kerja sama untuk membangun kilang.
 
Rosneft, kata Dwi, juga menawarkan integrasi mulai dari suplai chain atau rantai distribusi migas hingga menawarkan informasi untuk bisnis upstream di Rusia. "Mereka membuka pada Pertamina untuk share upstream di Rusia," kata Dwi, ditemui usai peresmian rumah seni di Raja Ampat, Papua Barat, Jumat (29/4/2016).
Click to Expose

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Menurut mantan Direktur Utama Semen Indonesia ini, hal tersebut akan membantu dalam memperbaiki kemampuan produksi upstream di Indonesia. Lebih penting lagi adalah akan memengaruhi dalam membangun ketahanan energi nasional ke depan.
 
Selain itu, Rosneft juga menawarkan kerja sama di bidang Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) dan teknologi. Lebih jauh, lanjut Dwi, pihaknya akan melihat yang terbaik dari berbagai hal yang ditawarkan terkait pembangunan kilang ini.
 

(ABD)

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif