Serapan Biodiesel Capai 2,42 Juta Kiloliter
Dirjen Energi Baru Terbarukan dan Konservasi Energi (EBTKE) Rida Mulyana. (FOTO: Medcom.id/Annisa Ayu)
Jakarta: Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) mencatat realisasi penyerapan biodiesel untuk PSO maupun NonPSO hingga 22 Oktober 2018 mencapai 2,42 juta kiloliter (kl).

Dirjen Energi Baru Terbarukan dan Konservasi Energi (EBTKE) Rida Mulyana mengatakan penyerapannya bertambah dari realisasi hingga September yang sebesar 2,06 juta kl. Dia bilang target tahun ini sebesar 3,92 juta kl.

"Sudah lebih dari 60 persen," kata Rida di Ditjen EBTKE, Cikini, Jakarta Pusat, Jumat, 26 Oktober 2018.

Penyerapan untuk Oktober saja mencapai 360 ribu kl. Untuk mencapai target hingga akhir tahun maka masih ada sekitar 1,5 juta kl yang harus diserap.

Direktur Bioenergi Andriah Feby Misna berharap agar target tersebut bisa dicapai meskipun memang masih cukup tinggi yang harus dikejar. Menurutnya berdasarkan rata-rata realisasi sebelumnya mencapai 90-95 persen dari target.

"Mudah-mudahan ya soalnya gini, ketika kita melakukan pengadaan itu kan berdasarkan estimasi penggunaan. Sedangkan kita enggak bisa menduga kegunaan selama setahun jadi bisa naik bisa turun. Kita enggak bisa estimasikan secara pas," jelas Feby.

Lebih jauh untuk tahun depan target penyerapan biodiesel akan meningkat menjadi sebesar 6,24 juta kl.

 



(AHL)

Dapatkan berita terbaru dari kami.

Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

Powered by Medcom.id