Menko Maritim Luhut Binsar Pandjaitan. Medcom/Annisa Ayu.
Menko Maritim Luhut Binsar Pandjaitan. Medcom/Annisa Ayu.

Prabowo Ingin Turunkan Tarif Lisrik, Luhut: Tak Sesederhana Itu

Ekonomi prabowo tarif listrik
Suci Sedya Utami • 08 April 2019 16:41
Jakarta: Menko Maritim Luhut Binsar Pandjaitan mengkritisi janji kampanye calon presiden nomor urut 02 Prabowo Subianto terkait penurunan tarif listrik dalam program 100 hari menjabat jika menang di Pilpres 2019.
 
Luhut mengatakan menurunkan tarif listrik tidak bisa semudah yang dibayangkan. Dia bilang banyak komponen harga yang harus dipertimbangkan dengan sangat matang.
 
"Saya mau turunin, itu dimana harga produksinya gimana ? enggak bisa sesederhana itu," kata Luhut di Kemenko Maritim, Senin, 8 April 2019.
Click to Expose

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Lagi pula kata Luhut, jika pemerintah ingin menurunkan tarif listrik saat ini tentu harus melihat keseimbangan bagi semua pihak. Artinya dampak bagi perusahaan PT PLN (Persero) serta masyarakat umum.
 
Lagi pula, Luhut menambahkan meskipun kini belum ada lagi penurunan tarif, namun memerintah tetap menjalankan program lain demi memastikan tingkat rasio elektrifikasi di tanah air makin meningkat, selain memastikan biayanya yang terjangkau.
 
"Kami sekarang bikin lampu panel (lampu tenaga surya). Itu membantu peran daerah juga, bisa kurangi harga listrik juga. Jadi dia tidak perlu beli dari sana (PLN)," jelas Luhut.
 
Sebelumnya dalam kampanye akbar Prabowo kembali mengumbar janji untuk menurunkan tarif dasar listrik (TDL) dalam 100 hari setelah dilantik sebagai presiden.
 
"Saya tanya (tim pakar) bisa enggak turunkan harga listrik, mereka hitung-hitung, saya tanya berapa lama? dia (Rizal Ramli) hitung-hitung dia katakan enggak pak 100 hari pertama," kata Prabowo di Gelora Bung Karno.
 
Wakil Prabowo, Sandiaga Uno pun mengucap janji serupa saat berkampanye di daerah. Dia menjanjikan apabila Prabowo dan dirinya menang maka harga listrik akan turun.
 
"Listrik mahal atau murah? Harga-harga naik arau turun? Cari kerja gampang atau susah? Nah kalau jawabnya listrik mahal, harga naik dan susah cari kerja, 2019 kita ganti jadi listrik turun, harga stabil dan gampang cari kerja. Caranya, pertama ke TPS, tusuk Prabowo Sandi aja," kata Sandi.

 

(SAW)

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif