Gedung Pertamina (FOTO: Antara/Andika Wahyu)
Gedung Pertamina (FOTO: Antara/Andika Wahyu)

Kamis, Pertamina Umumkan Pemenang Tender Kilang Tuban

Ekonomi kilang tuban
Annisa ayu artanti • 23 Mei 2016 20:41
medcom.id, Jakarta: PT Pertamina (Persero) akan mengumumkan pemenang tender partner kilang Tuban, Jawa Timur, pada Kamis 26 Mei 2016. Hal itu akan dilakukan meski sebelumnya sudah digaungkan kandidat terkuat pemenang tersebut adalah BUMN asal Rusia Rosneft.
 
Baca: Pertamina Menangkan Rosneft dalam Tender Kilang Tuban
 
Direktur Pengolahan Pertamina Rachmad Hardadi menjelaskan bahwa sampai saat ini prosesnya masuk tahapan beauty contest. Dalam beauty contest tersebut masih ada empat kandidat lainnya selain Rosneft yakni Saudi Aramco asal Arab Saudi, Kuwait Petroleum Inc dari Kuwait, Sinopec dari Tiongkok, dan konsorsium Thai Oil Thailand dengan PTT GC Thailand.
Click to Expose

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


"Tuban ini dalam tahapan beauty contest. Ada lima yang masuk ke final beauty contest. Hari Kamis nanti akan diputuskan yang paling beauty," kata Racmad, di Kantor Pusat Pertamina, Jalan Medan Merdeka Timur, Jakarta Pusat, Senin (23/5/2016).
 
Rachmad menjelaskan, terkait dengan kunjungan Pertamina ke Rusia adalah mengenai forum Rusia-Asean Oil and Gas Summit belum ada kesepakatan untuk pemenang kilang Tuban.
 
"Kemarin di Rusia itu forum Rusia-Asean Oil and Gas Summit. Presiden hadir sebagai kepala negara ASEAN. Selain Indonesia ada sembilan negara lain. Totalnya 10 dengan Rusia. Pembicaraan antar kepala negara Rusia," jelas Rachmad.
 
Ia menegaskan bahwa Pertamina perlu berhati-hati memutuskan calon pemenang tender partner kilang Tuban tersebut, karena investasi untuk pembangunan kilang ini merupakan yang terbesar yakni hampir mencapai Rp200 triliun.
 
"Ini project yang paling besar. Investasinya hampir Rp200 triliun," ucap Rachmad.
 
Sementara itu, Direktur Utama Pertamina Dwi Soetjipto menegaskan, pengumuman terkait pemenang tender partner kilang Tuban akan disampaikan pada Kamis mendatang. Rosneft memang menjadi kandidat kuat lantaran memiliki teknologi yang canggih dan juga sebagai negara penghaasil minyak mentah terbesar di dunia.
 
Kamis, Pertamina Umumkan Pemenang Tender Kilang Tuban
Direktur Utama Pertamina Dwi Soetjipto

 
Namun, lanjutnya, hal itu akan dilakukan apabila Pertamina dapat bekerja sama dengan Rosneft dalam memenuhi kebutuhan pengamanan energi di Indonesia.
 
"Jadi Insya Allah hari kamis akan disampaikan. Kalau Rusia hanya satu aspek. Kita menjajaki share produksi minyak mentah. Karena dalam memenuhi kebutuhan pengamanan energi di Indonesia," ungkap Dwi.
 
Sebelumnya, Vice President Corporate Communication Pertamina Wianda Pusponegoro mengatakan, kedua perusahaan yakni Pertamina dan Rosneft telah sepakat untuk menandatangani framework agreement untuk kerja sama di Jakarta.
 
"Finalisasi sudah dilakukan dan diharapkan pekan depan penandatanganan rencana kerjasama Pertamina dan Rosneft dilaksanakan di Jakarta," kata Wianda.
 
Adapun kerja sama Pertamina dan Rosneft mencakup rencana pembangunan kilang baru di Tuban, di mana Pertamina akan menjadi pemegang saham mayoritas. Selain itu, Pertamina juga berkesempatan masuk ke dalam aset-aset hulu migas Rosneft di Rusia.
 

(ABD)

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif