Skema <i>Holding</i> Migas Tengah Digodok
Menteri BUMN RI Rini Soemarno (Metrotvnews.com/Pelangi Karismakristi).
Jakarta: Kementerian Badan Usaha Milik Negara (BUMN) tengah menggodok skema pembentukan perusahaan induk (holding) sektor minyak dan gas bumi (migas) menyusul holding pertambangan. Realisasi holding migas ini direncanakan rampung pada kuartal I-2018.

"Masih dalam proses, tunggu saja," kata Rini saat ditemui di Kementerian Pemberdayaan Manusia dan Kebudayaan, Jakarta, Rabu, 6 Desember 2017.

Rini mengungkapkan pembentukan yang melibatkan PT Perusahaan Gas Negara (PGN) dan PT Pertamina (Persero) ini memerlukan waktu lantaran dibutuhkan pembahasan di Komisi VI Dewan Perwakilan Rakyat (DPR).


"Sabar dan tunggu saja," imbuh dia.

Sebelumnya Staf Khusus Menteri BUMN Wianda Pusponegoro menuturkan tujuan dari pembentukan holding migas agar Pertamina bersama dengan PGN dapat bersinergi membangun pipa gas secara merata.

Dengan holding, pemerintah akan semakin mudah memberi penugasan kepada Pertamina untuk menyusun sinergi operasi dengan PGN dan anak usahanya.

"Kami tidak perlu membangun ruas pipa secara bersamaan antara dua perusahaan anggota. Sebab itu sangat tidak efektif dari segi anggaran," ujar Wianda pada Selasa 5 Desember 2017.

Sementara itu, PGN menyambut baik permintaan Menteri BUMN Rini Soemarno untuk segera melakukan Rapat Umum Pemegang Saham Luar Biasa (RUPSLB). Adapun permintaan itu terkait dengan pembentukan holding BUMN migas.

Sekretaris Perusahaan PGN Rachmat Hutama mengungkapkan bahwa perseroan yakin tujuan holding memberikan manfaat bagi masyarakat dan negara. Oleh karena itu, PGN mendukung keputusan pemerintah tersebut.

"Kami mendukung keputusan pemerintah dalam pembentukan holding BUMN yang salah satunya holding migas. Kami berkeyakinan, pembentukan holding BUMN akan memberikan banyak manfaat bagi negara dan masyarakat banyak," kata Rachmat Hutama, dalam keterangan tertulisnya yang diterima Medcom.id, di Jakarta, Senin, 4 Desember 2017.


 



(SAW)

metro tv
  • Opsi Opsi
  • kick andy Kick Andy
  • economic challenges Economic Challenges
  • 360 360