Ilustrasi Perusahaan Roti. Foto : AFP.
Ilustrasi Perusahaan Roti. Foto : AFP.

Perusahaan Roti Digitalkan 200 Gerai

Ekonomi startup UMKM transformasi digital roti
Arif Wicaksono • 30 Juni 2021 18:39
Jakarta: Perusahaan roti Breadlife Bakery, melakukan transformasi digital guna memperkuat operasional bisnis dan meningkatkan layanannya. Breadlife menggandeng Youtap Indonesia untuk membantu pelaku usaha go digital dengan lebih mudah dan aman.
 
Selama baru saja dua bulan berjalan, kolaborasi ini telah membawa berbagai keuntungan bagi Breadlife, mulai dari peningkatan transaksi di ratusan gerainya hingga perluasan jangkauan pasar. Namun, tidak hanya bagi Breadlife, kolaborasi ini juga dapat membuka ladang peruntungan baru bagi ratusan ribu mitra UMKM Youtap lainnya.
 
"Sebagai bisnis dengan hampir 200 gerai dan terus berkembang, kami terdorong untuk terus mengoptimalkan operasional bisnis kami. Apalagi, sejak pandemi covid-19, perilaku pelanggan pun juga bergeser ke digital lifestyle. Maka, Breadlife melakukan transformasi digital dengan menggandeng Youtap Indonesia," ujar Head of Marketing and R&D Breadlife, Bayu Susetyo Adhi dalam keterangan resminya, Rabu, 30 Juni 2021.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Sebelumnya, pencatatan transaksi dalam operasional bisnis Breadlife masih dilakukan secara manual. Metode manual ini berisiko menciptakan kesalahan akibat human error, serta dapat memakan tenaga dan waktu yang lama. Namun, sejak terdigitalisasi dengan teknologi Youtap pada April 2021 lalu, pencatatan keuangan penjualan di gerai-gerai Breadlife menjadi lebih teratur, efisien, dan tepat.
 
Saat ini, hampir 200 gerai Breadlife di wilayah Jabodetabek, baik yang berbentuk toko di mal besar maupun corner store di tepi jalan, telah menggunakan Youtap dalam mencatat transaksi penjualan dan data ini terintegrasi dengan seluruh jaringan Breadlife secara real time.
 
Teknologi Youtap memungkinkan Breadlife untuk menerima berbagai opsi pembayaran, mulai dari tunai, kartu debit, hingga e-wallet. Youtap memudahkan para mitranya memproses transaksi QR dynamic, baik MPM (Merchant Presented Mode) maupun CPM (Consumer Presented Mode). Bahkan, sejak menggunakan teknologi Youtap, Breadlife mencatat kenaikan transaksi nontunai sebanyak 35 persen.
 
Breadlife bersama dengan Youtap juga membuka peluang bisnis baru melalui Layanan Belanja Stok, dan Youtap akan membantu memfasilitasi penjualan produk-produk Breadlife melalui para mitra UMKM-nya yang berjumlah lebih dari 150 ribu merchant.
 
Hal ini akan membuka peluang bagi Breadlife untuk pertama kalinya menyalurkan produk-produk Breadlife di luar gerai mereka dan menjangkau pasar yang lebih luas. Kerja sama ini juga turut membuka ladang bisnis baru bagi para pelaku UMKM untuk mengembangkan usahanya dengan jenis produk Breadlife yang dapat dipesan melalui Portal Usaha Youtap.
 
"Berbagai solusi yang kami hadirkan tidak hanya dapat membantu adaptasi digital bagi Breadlife, dengan layanan Belanja Stok dari Youtap, kolaborasi ini juga secara aktif dapat turut membuka kesempatan bagi para mitra UMKM kami di mana mereka bisa menambah jenis barang yang mereka jual dengan berbagai produk roti dari Breadlife," ujar CEO Youtap Indonesia, Herman Suharto.
 
Youtap saat ini telah diadopsi oleh lebih dari 150 ribu pelaku usaha di seluruh wilayah Indonesia (di 500+ kota dan 34 provinsi). Bahkan pengguna Youtap di area Indonesia Timur, seperti Kalimantan, Sulawesi, Bali serta Papua sudah mencapai 20 persen dari total pengguna.
 
Ini juga seiring dengan semakin mudahnya mendapatkan layanan Youtap yang bisa diunduh di Play Store dan App Store dengan proses registrasi yang hanya satu menit. Bahkan, pada kuartal terakhir 2020 lalu, Youtap mencatat kenaikan hingga 50 persen pada adopsi layanan Youtap oleh merchant segmen usaha menengah.
 
(SAW)


LEAVE A COMMENT
LOADING
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif