Motion banking. Foto : Motion.
Motion banking. Foto : Motion.

Bank Digital MNC Bidik 30 Juta Pengguna

Ekonomi Perbankan mnc group mnc bank
Arif Wicaksono • 03 Juni 2021 16:52
Jakarta: PT Bank MNC Internasional Tbk (BABP) atau MNC Bank, anak perusahaan PT MNC Kapital Indonesia Tbk (BCAP atau MNC Kapital), meluncurkan aplikasi layanan perbankan digital MotionBanking dalam waktu kurang dari dua minggu.
 
Pada kesempatan yang sama, PT MNC Teknologi Nusantara (MTN) juga melakukan rebranding aplikasi e-money, e-wallet, dan transfer digital, SPIN, menjadi MotionPay. Keterkaitan kedua nama tersebut merupakan keputusan strategis yang diambil MNC Kapital untuk memaksimalkan penetrasi pasar dan promosi, sejalan dengan integrasi digital di bawah BCAP.
 
MotionBanking merupakan aplikasi perbankan digital dari MNC Bank untuk mendekatkan layanan perbankan kepada nasabah. Dengan izin layanan pembukaan rekening secara online (digital onboarding). MotionBanking dirancang sebagai aplikasi perbankan terintegrasi yang menawarkan layanan yang lengkap mulai dari tabungan, transfer, pembayaran hingga kartu kredit.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


COO MotionBanking Teddy Tee menjelaskan bahwa MotionBanking dikembangkan menjadi platform manajemen keuangan untuk berbagai generasi dengan memanfaatkan kemampuan Artificial Intelligence (AI) dan personalization.
 
"Kami terus berinovasi untuk mempermudah dan memperkaya pengalaman nasabah kami. Perkembangan layanan perbankan secara digital di Indonesia membesar dalam dua tahun terakhir," jelas dia dalam keterangan resminya, Kamis, 3 Juni 2021.
 
"MotionBanking diciptakan untuk menjadi aplikasi layanan perbankan digital serba bisa untuk memenangkan persaingan pasar. Kami yakin dengan dukungan dan pengaruh MNC Group di Indonesia, MotionBanking akan menjadi market leader dalam layanan perbankan digital," tambah dia.
 
Rebranding MotionPay sejalan dengan transformasi keuangan digital MNC Group. MotionPay akan menyematkan seluruh fungsinya (QRIS, e-money, e-wallet, dan transfer digital) ke dalam aplikasi MotionBanking, sehingga menghadirkan solusi keuangan digital yang lengkap dan terintegrasi.
 
Aplikasi e-wallet, e-money, dan transfer digital ini melayani transaksi nontunai dengan cepat dan mudah melalui smartphone. Selain itu, MotionPay juga memudahkan pengguna membayar tagihan, pulsa atau paket data, serta bertransaksi di merchant online maupun offline dengan menggunakan QRIS di seluruh negeri.
 
MotionBanking akan mengimplementasikan konsep open banking dan open API untuk menyajikan integrasi tanpa batas baik secara internal maupun eksternal ekosistem MNC Group, memperkaya penggunanya dengan berbagai produk digital di pasar. MotionBanking akan membuka pintu bagi pengembang pihak ketiga untuk mengintegrasikan layanan platform digital seperti marketplace, fintech, ojek online, dan lain sebagainya ke dalam MotionBanking.
 
Selain peluncuran MotionBanking dan rebranding MotionPay, MNC Bank dan MTN juga menandatangani beberapa perjanjian dengan perusahaan media MNC Group serta pihak ketiga untuk menciptakan sinergi lebih lanjut.
 
MotionBanking akan memanfaatkan ekosistem MNC Group dengan menyerap user base-nya untuk tujuan akuisisi nasabah MotionBanking, yang termasuk lebih dari sembilan juta pelanggan TV berbayar yang telah terdaftar, terus tumbuh dengan tambahan 3 juta-4 juta pelanggan baru setiap tahun.
 
Motion akan menggunakan lebih dari 75 juta MAU dari portal berita MNC Group. Lebih dari 230 juta followers akun YouTube, Facebook, dan Tiktok MNC Group dengan traffic yang dihasilkan mencapai hampir 45 miliar views. Ditambah koneksi ke sekitar 400 artis dan entertainer papan atas, serta 280 YouTuber di bawah manajemen MNC Group, yang siap menjadi influencer dan brand ambassador MotionBanking.
 
"Dengan digital onboarding, BABP menargetkan akuisisi 30 juta pengguna baru dalam lima tahun ke depan," jelas dia.

 
(SAW)


LEAVE A COMMENT
LOADING
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif