Ilustrasi Medcom.id.
Ilustrasi Medcom.id.

Pemanfaatan Big Data dan AI Bisa Tingkatkan Pelayanan Publik, Begini Caranya

Eko Nordiansyah • 01 November 2024 16:35
Jakarta: Kehadiran teknologi digital, proses administrasi dan pelayanan publik dapat dijalankan dengan lebih cepat, akurat, dan terintegrasi, sehingga mampu meningkatkan kualitas layanan. Misalnya dengan memanfaatkan big data dan Artificial Intelligence (AI) untuk meningkatkan efektivitas dan efisiensi layanan publik.
 
Direktur Digital Business Peruri Farah Fitria Rahmayanti mengatakan, pemanfaatan big bata dan AI dalam pemerintahan dapat membantu proses pengambilan keputusan dan merumuskan kebijakan yang sesuai berdasarkan kebutuhan masyarakat. Apalagi Peruri ditunjuk sebagai GovTech Indonesia.
 
"INA Digital merupakan penyelenggara keterpaduan layanan digitalisasi pemerintah yang fokus terhadap penggunaan teknologi terkini guna menyediakan layanan dengan prinsip user-centric, dimana desain dan pengembangannya berfokus pada kebutuhan dan pengalaman pengguna," kata dia dalam keterangan tertulisnya, Jumat, 1 November 2024.

Kepala Bidang Tata Kelola Balai Sertifikasi Elektronik Badan Siber dan Sandi Negara (BSrE-BSSN)  Imam Resti M menggarisbawahi, tiga kunci penting dalam upaya transformasi digital yaitu growth mindset, innovation, dan teamwork. Imam menjelaskan, membangun pola pikir yang adaptif sangat penting untuk perkembangan berkelanjutan.
 
"Dan menciptakan budaya yang terbuka terhadap kemajuan. Namun keberhasilan transformasi digital bergantung pada sinergi dan keterlibatan semua pihak," ungkapnya.
 
Baca juga: Simak Cara Membuat WhatsApp Business Agar Komunikasi Lebih Efektif

 
Sementara itu, Chief of DTO Kementerian Kesehatan Setiaji juga membagikan pengalamannya dalam penerapan teknologi digital di sektor kesehatan. Ia menjelaskan bagaimana data dapat membantu dalam pengambilan keputusan yang lebih tepat dan responsif terhadap kebutuhan masyarakat.
 
"Kami berharap bahwa kolaborasi antara teknologi dan industri kesehatan dapat terus ditingkatkan untuk mencapai sistem dan kualitas layanan kesehatan yang lebih baik kedepannya," ujar dia.
 
INA Digital sebagai bagian dari Peruri menyoroti pentingnya mengutamakan pengalaman pengguna (user experience) dalam mengembangkan produk atau layanan digital untuk memastikan bahwa produk yang diciptakan benar-benar memenuhi kebutuhan masyarakat. Setiap fitur dirancang untuk memudahkan akses pengguna.
 
"Kami berharap kegiatan ini dapat mendorong pemanfaatan teknologi dalam menghadapi tantangan di masa depan dan menjadi langkah awal untuk dapat memanfaatkan teknologi dan menciptakan solusi yang inovatif," ujar Head of Government Digital Solution and Service Digital Peruri Median Yuli Hartanto.
 
Cek Berita dan Artikel yang lain di
Google News
(END)


TERKAIT

BERITA LAINNYA

social
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan