Transaksi dompet digital. Foto: Medcom.id.
Transaksi dompet digital. Foto: Medcom.id.

Transaksi Dompet Digital Melonjak

Arif Wicaksono • 01 Agustus 2023 15:48
Jakarta: Pandemi covid-19 menjadi titik balik pergeseran tren transaksi ekonomi yang semula tunai menjadi nontunai. Lonjakan pengguna dompet digital mencapai lebih dari 70 persen, lebih tinggi dibandingkan transaksi tunai (49 persen) dan transfer bank (24 persen). Selain praktis, dan efisien, transaksi melalui dompet digital cenderung lebih aman.
 
baca juga: MRT Tetap Buka Peluang Kerja Sama dengan OVO, Gopay, DANA, LinkAja

Chief of Product DANA Indonesia Rangga Wiseno mengatakan DANA mengalami pertumbuhan positif di awal 2023 sebagai opsi pembayaran digital untuk memenuhi kebutuhan sehari-hari.
 
"Hal tersebut terlihat pada pertumbuhan signifikan dari layanan dan fitur-fitur yang dimiliki DANA seperti fitur Kirim Uang (Send Money) mencapai pertumbuhan lebih dari 200 persen, fitur dan layanan Tagihan (Biller) lebih dari 140 persen," ujar dia dalam keterangan tertulisnya, Selasa, 1 Agustus 2023.
 
Dia menambahkan transaksi pulsa dan data naik lebih dari 160 persen. Transaksi QRIS mencapai kenaikan lebih dari 300 persen. Lebih lanjut, pertumbuhan ini juga terlihat dari layanan keuangan lainnya yang juga dimiliki oleh DANA, seperti asuransi di DANA Siaga yang mencapai lebih dari 1.300 persen dan DANA eMAS hingga mencapai 144 persen.

Secara umum, DANA berhasil mencatatkan pertumbuhan transaksi hingga mencapai 50 persen dibandingkan 2022. Pertumbuhan positif DANA didukung oleh tiga faktor utama yaitu pembaharuan fitur dan layanan, kemitraan, dan inisiatif sosial.

Kemitraan

DANA bekerja sama dengan berbagai mitra untuk meningkatkan layanan demi kemudahan penggunanya dalam bertransaksi digital. Mulai dari layanan remitansi atau transaksi luar negeri, transaksi nontunai di minimarket, serta memperluas kerja sama dengan pemerintah.
 
"DANA juga bekerja sama dengan salah satu perusahaan ritel minimarket terkemuka,  Alfamart, untuk memudahkan pengguna dalam melakukan transaksi nontunai melalui customer-presented mode atau CPM. Dengan begitu, pengguna menjadi lebih mudah melakukan transaksi di lebih dari 17 ribu gerai Alfamart di seluruh Indonesia, hanya dengan mengarahkan kode QRIS diaplikasi DANA untuk dipindai, serta opsi pembayaran secara online melalui Alfagift," kata dia.
 
Cek Berita dan Artikel yang lain di
Google News
(SAW)


TERKAIT

BERITA LAINNYA

social
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan