CEO Friendchised Gerald Grimaldy. Foto: dok Friendchised.
CEO Friendchised Gerald Grimaldy. Foto: dok Friendchised.

Waralaba dan Pemilik Bisnis Genjot Perkembangan UMKM Indonesia

Ekonomi Dunia Usaha Waralaba UMKM Ekonomi Digital
Ade Hapsari Lestarini • 31 Mei 2021 12:37
Jakarta: Para pelaku bisnis dan waralaba terus menggenjot perkembangan Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM) di Indonesia. Keduanya pun dipertemukan dalam platform marketplace Friendchised yang mengudara pada 29 Mei 2021 tersebut.
 
CEO Friendchised Gerald Grimaldy mengatakan, melalui platform ini, diharapkan para peminat bisnis kemitraan dan pemilik bisnis pusat bertemu serta mampu memaksimalkan potensi bisnis yang mereka miliki.
 
Dia menjelaskan, selama ini banyak sekali calon pebisnis atau peminat bisnis kemitraan sampai waralaba yang belum mengetahui UMKM apa saja yang dimitrakan dan diwaralabakan atau bahkan mereka sama sekali tidak tahu harus mengembangkan bisnis apa. Padahal, banyak sekali bisnis UMKM di Indonesia yang sangat bagus dan berpotensi.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


"Friendchised akan menjembatani para calon pebisnis dan peminat bisnis kemitraan dengan para pelaku bisnis kemitraan dan waralaba yang notabene berbasis UMKM. Apalagi karena pandemi, sebagian masyarakat Indonesia terkena PHK dan memiliki keinginan untuk berwirausaha. Sehingga bukan hanya si calon pebisnis yang terbantu, para bisnis owner juga dapat mengembangkan bisnisnya secara maksimal melalui Friendchised," ungkap Gerald, dalam keterangan resminya, Senin, 31 Mei 2021.
 
Sebelumnya, platform website ini telah diluncurkan dalam bentuk beta pada Maret lalu. Namun, guna memberikan pengalaman berkelanjutan bagi para penggunanya, Friendchised melengkapi tampilan dan sejumlah fitur baru yang dapat diakses sejak 29 Mei 2021.
 
Tak hanya berorientasi untuk pemilik bisnis waralaba, para peminat bisnis kemitraan dan waralaba diharapkan dapat dengan lebih mudah menemukan peluang bisnis kemitraan yang terbaik sebagai titik balik dampak buruk dari pandemi yang telah dialami oleh sebagian besar pekerja di Indonesia.
 
CFO Friendchised Ignatius Ivan sinugroho berharap semua UMKM yang ada di Indonesia dapat bergabung, namun setidaknya tahun ini target dapat diraih dari user yang sudah mendaftar, ada sekitar 16 ribu user.
 
"Sementara dari sisi merchant yang sudah mendaftar ada lebih dari 100 atau hampir 200 merchant dan pada akhir tahun pihaknya menargetkan sekitar 6.000 merchant," jelasnya.
 
Platform ini hadir guna menjembatani para calon pebisnis dengan para pelaku bisnis kemitraan dan waralaba. Hadirnya platform ini disambut Direktur Pemasaran Ekonomi Kreatif Kemenparekraf Yuana Rochma Astuti. Dirinya berharap semakin banyaknya platform digital bisa terus memajukan UMKM di Tanah Air.
 
(AHL)


LEAVE A COMMENT
LOADING
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif