Ekonomi digital. Foto: Medcom.id.
Ekonomi digital. Foto: Medcom.id.

Tiga Pilar Perkuat Ekosistem Ekonomi Kreatif Nasional

Arif Wicaksono • 09 Juni 2025 23:14
Jakarta: Nuon Digital Indonesia (Nuon), menyampaikan rencana bisnis dengan mengusung tema “Reshaping Indonesia’s Play” untuk mendorong ekonomi digital di Indonesia. Nuon menghadirkan tiga pilar utama dengan fokusnya pada inovasi berkelanjutan, kolaborasi lintas sektor, serta pemberdayaan talenta kreatif lokal demi terciptanya ekosistem hiburan digital yang inklusif dan berdaya saing global.
 
CEO Nuon, Aris Sudewo, menyampaikan setiap langkah yang diambil merupakan bagian dari komitmen jangka panjang untuk mendukung pertumbuhan industri ekonomi kreatif di Indonesia.
 
Baca juga: Bisnis Logistik Jadi Tulang Punggung Pertumbuhan Ekonomi Digital

“Kami ingin ekosistem ini tidak hanya tumbuh secara ekonomi, tetapi juga menjadi ruang yang mendorong pelakunya terus berkarya dan berkembang bersama. Nuon membuka akses dan menciptakan peluang bagi karya lokal untuk bersaing di pasar global.” jelas dia dikutip Senin, 9 Juni 2025.
 
Dia menuturkan dalam portofolio Digital Games, Nuon terus memperkuat posisi sebagai publisher lokal yang konsisten mendukung pengembangan konten gim dalam negeri. Salah satu langkah strategis terbaru adalah peluncuran Assault Mode pada gim DreadHaunt.

Dia menuturkan mode terbaru ini menawarkan pengalaman bermain solo, co-op multiplayer, serta opsi bantuan AI bots yang memperkaya pengalaman bertahan hidup para pemain.
 
Tak hanya itu, Nuon juga tengah mengembangkan gim horor terbaru lewat program inkubasi bernama Indigo Games Start Up Incubation bersama Telkom Indonesia, yang berjudul Agni: Village of Calamity. Gim yang mengangkat cerita penyelidik dari unit rahasia kepolisian Indonesia.
 
Pada portofolio Digital Lifestyle, Nuon menunjukkan kiprah konsisten di industri film nasional. Setelah sukses menjadi eksekutif produser dua film horor, Kuasa Gelap dan Anak Kunti, Nuon kembali bekerja sama dengan Paragon Pictures dan Ideosource.
 
“Di sektor event, platform Tiketapasaja.com terus memperluas peran sebagai official ticketing partner di berbagai konser dan festival musik,” tegas dia.  
 
Lebih dari 100 ribu tiket telah terjual sepanjang kuartal pertama 2025, mencerminkan euforia masyarakat terhadap event-event hiburan yang semakin hidup kembali.

Inovasi Layanan Musik Digital

Dia menjelaskan portofolio Digital Music melalui Langit Musik juga menunjukkan perkembangan yang signifikan. Untuk menjangkau lebih banyak pengguna.
 
Langit Musik kini telah terintegrasi dalam bentuk mini apps pada sejumlah aplikasi, seperti MyTelkomsel, GoPay, dan by.U, menghadirkan kemudahan akses dan pengalaman musik digital yang lebih praktis bagi pengguna dari berbagai segmen.
 
Tak hanya menyasar pengguna individu, Nuon melalui PlayUp by Langit Musik juga menawarkan solusi musik latar berlisensi resmi bagi pelaku usaha di ruang publik, seperti kafe, restoran, pusat perbelanjaan, hingga transportasi umum. Inisiatif ini menjadi bagian dari upaya menciptakan ekosistem musik digital yang lebih sehat, legal, dan berkelanjutan dengan memberikan penghargaan yang layak kepada para kreator musik.
 
“PlayUp by Langit Musik juga memberikan transparansi bagi para pelaku industri musik Tanah Air dengan sistem pelaporan yang jelas dan akurat terkait penggunaan lagu, sehingga hak-hak para pemilik karya musik dapat terdistrbusi secara adli dan dapat dipertanggungjawabkan,” tegas dia.
 
Cek Berita dan Artikel yang lain di
Google News
(SAW)


TERKAIT

BERITA LAINNYA

social
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan