baca juga: Adaptasi Tren Belanja Online, Perusahaan Logistik pun Ekspansi Jangkauan COD |
Berdasarkan laporan L.E.K. Consulting, 96 persen populasi Indonesia memiliki ponsel, dengan 76 persen di antaranya memiliki akses internet. Lebih dari 65 persen populasi berada di bawah usia 44 tahun, yang menunjukkan perilaku belanja impulsif yang relatif lebih tinggi.
Indonesia telah menjadi pasar e-commerce terbesar ketiga di dunia, di bawah Tiongkok dan Amerika Serikat, karena pendapatan per kapita yang lebih tinggi, akses internet yang lebih luas.
Kondisi demografis dan perilaku belanja ini menunjukkan masih ada peluang besar untuk mengembangkan pasar e-groceries di Indonesia, dimana penetrasi pasar diperkirakan akan tumbuh dari satu persen pada 2020 menjadi tiga persen pada 2024.
Co-founder & CEO Astro Vincent Tjendra berkomitmen untuk terus berkembang dan beradaptasi dalam memenuhi kebutuhan pelanggan yang semakin dinamis. Tidak hanya itu, Astro memberikan jaminan penggantian barang baru apabila produk yang diterima pelanggan bermasalah serta penggantian 100 persen ongkir bila pesanan datang terlambat.
"Kami berusaha memberikan pengalaman belanja yang aman dan nyaman untuk pelanggan lewat berbagai inovasi, baik dari sisi layanan maupun produk. Dengan memperluas layanan Astro, kami ingin menghadirkan kemudahan bagi pelanggan untuk menikmati layanan Astro di lebih banyak lokasi di wilayah Jabodetabek," tegas dia dalam keterangan tertulis, Rabu, 12 Juni 2024.
Selain percepatan pelayanan, program jaminan saat berbelanja juga memainkan peran penting dalam membangun kepercayaan konsumen terhadap transaksi online. Laporan dari Nielsen menyatakan 72 persen konsumen Indonesia lebih memilih situs e-commerce yang menawarkan jaminan terhadap produk cacat atau palsu, sehingga meningkatkan kepercayaan mereka dalam transaksi online.
Kuasai pasar quick e-commerce
Hingga tahun 2023, Gross Merchandise Value (GMV) e-groceries di Indonesia mencapai USD1 miliar, dengan Astro menguasai 5 persen dari pasar e-groceries di Indonesia."Astro juga telah mengkonsolidasikan posisinya sebagai satu-satunya pemain quick commerce e-grocery di Indonesia, memberikan Astro pangsa pasar 100 persen dalam quick commerce di e-grocery," tegas dia.
Menyambut tren tersebut, VP of Channel Operations Astro Felix Aprilio Rahardjo menjelaskan astro menjamin pengiriman cepat dan diterima dalam hitungan menit dengan berkomitmen pada keunggulan operasional dan layanan yang berfokus pada pelanggan.
"Pendekatan ini menghemat waktu dan energi pelanggan kami, memungkinkan mereka untuk fokus menjalankan kesibukan mereka sehari-hari. Jaminan garansi yang hadir di Astro merupakan bentuk komitmen kami untuk meningkatkan kepercayaan konsumen dalam melakukan transaksi online," tegas dia.
Cek Berita dan Artikel yang lain di
Google News
Viral! 18 Kampus ternama memberikan beasiswa full sampai lulus untuk S1 dan S2 di Beasiswa OSC. Info lebih lengkap klik : osc.medcom.id