Driver InDrive. Foto: Perusahaan.
Driver InDrive. Foto: Perusahaan.

Survei: Masyarakat Pilih Kecepatan Pengiriman dan Harga untuk Aplikasi Kurir

Arif Wicaksono • 31 Januari 2024 18:26
Jakarta: Pengiriman barang berbasis aplikasi terus meningkat popularitasnya, seiring dengan semakin banyak orang yang menemukan kenyamanan dan kemudahan penggunaan metode ini. Hal ini menjadi lebih relevan, mengingat waktu mendekati seasonal sales dan liburan musim dingin, dengan aktivitas perbelanjaan melonjak tinggi.
 
baca juga: Anies Ingin Hadirkan BPJS Ketenagakerjaan Khusus Ojol

Riset pasar terbaru yang dilakukan oleh inDrive Kurir mengungkapkan kecepatan pengiriman barang (55 persen), harga terjangkau (37 persen), dan kualitas layanan (33 persen) merupakan fitur yang paling diminati dalam layanan pengiriman di Indonesia.
 
Dalam survei itu, hanya 15 persen responden survei yang memilih kecepatan penjemputan barang sebagai kualitas utama mereka. Sementara kemampuan dalam memantau lokasi kurir menempati urutan keempat dengan 28 persen.
 
Business Development Specialist Courier SEA Harris Rilandi mengungkapkan layanan pengiriman berbasis aplikasi ini semakin populer karena fleksibilitas dan berbagai kemudahan yang ditawarkan.

"Kami percaya fleksibilitas dan kemudahan yang membuat layanan ini sangat nyaman untuk bisnis yang membutuhkan pengiriman, tidak perlu terikat kontrak atau mempekerjakan pengemudi penuh waktu," papar Harris dalam keterangan tertulis, Rabu, 31 Januari 2024.
 
Berdasarkan wilayah, pengiriman melalui aplikasi dapat menawarkan beberapa pilihan mode, mulai dari mobil atau sepeda motor, hingga sepeda ataupun berjalan kaki, sehingga pengguna dapat memilih mode yang termurah dan tercepat sesuai dengan kebutuhan mereka.
 
Di Indonesia, pengguna mobil (58 persen) dan sepeda motor (37 persen) merupakan mode transportasi yang paling banyak dipilih untuk mengirim paket. Setengah dari responden setuju untuk menghindari pengiriman paket dengan berjalan kaki, karena lokasi pengiriman yang beragam.

Pilihan untuk kecepatan

Ketika responden ditanya mengapa mereka memilih untuk mengirim paket melalui layanan pengiriman berbasis aplikasi, responden paling sering menjawab efisiensi, diikuti oleh opsi kecepatan.
 
Sebagai contoh, dalam pengiriman kurir biasanya hanya membutuhkan waktu sekitar 3-5 menit (lebih cepat daripada negara lain) untuk mengambil pesanan. Harris Rilandi menambahkan bahwa pandemi memberikan dorongan yang positif untuk kemajuan pengiriman berbasis aplikasi.
 
"Dengan adanya pandemi yang pada awalnya memberikan dorongan luar biasa bagi pengiriman berbasis aplikasi, kenyamanan dan kemudahan penggunaannya telah menjadikannya sebagai bagian dari kehidupan sehari-hari, seperti yang ditegaskan oleh penelitian kami," jelas dia.
 
Harris Rilandi menyatakan tim inDrive sangat mendukung perkembangan bisnis khususnya UMKM.  Selain kecepatan, inDrive Kurir & inDrive Truk juga memastikan keterjangkauan harga. Fitur unik dalam aplikasi ini adalah pengguna dapat menetapkan harga sendiri untuk pengiriman dan menegosiasikannya secara langsung dengan kurir. inDrive Kurir & inDrive Truk memastikan keamanan dan transparansi dalam proses pemesanan ataupun pengiriman.
 
Hingga saat ini, semakin banyak pula pelaku bisnis yang menggunakan aplikasi pengiriman barang. Di Indonesia, layanan kurir biasanya digunakan untuk pengiriman pribadi seperti mengirim dan menerima parsel untuk atau dari keluarga ataupun teman, serta pengiriman untuk pembelian dari pelaku bisnis kepada konsumen.
 
Namun, penelitian menunjukkan bahwa setiap pengguna ketiga (35 persen) dari aplikasi pengiriman barang, menggunakan aplikasi tersebut untuk kebutuhan bisnis setidaknya 2 kali dalam seminggu, seperti mengirim produk ke klien atau menerima barang dari pemasok mereka.
 
Cek Berita dan Artikel yang lain di
Google News
(SAW)


TERKAIT

BERITA LAINNYA

social
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan