Ilustrasi E-commerce. Foto : Medcom.
Ilustrasi E-commerce. Foto : Medcom.

Dukung Net Zero Emission, E-Commerce Kumpulkan Sampah Kosmetik untuk Didaur Ulang

Eko Nordiansyah • 07 April 2022 11:52
Jakarta: E-commerce Blibli memperkuat komitmennya dalam melestarikan lingkungan melalui upaya daur ulang sampah dari produk kosmetik. Komitmen ini menjadi salah satu upaya dalam mendukung Indonesia guna mencapai target Net Zero Emission pada 2060.
 
"Blibli terus memperluas dampak positif dari kampanye Blibli Cinta Bumi, sekaligus mengajak lebih banyak masyarakat untuk bersama-sama menjaga lingkungan dan menjalankan gaya hidup yang eco-friendly," kata VP Public Relations Blibli Yolanda Nainggolan dalam keterangan tertulisnya, Kamis, 7 April 2022.
 
Dalam Surabaya X Beauty, Blibli sebagai official e-commerce partner mengumpulkan lebih dari 12 ribu kemasan produk kecantikan serta hampir 5.000 kardus kemasan produk kecantikan dari ribuan orang yang mengunjungi instalasi Blibli Cinta Bumi.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Ia menambahkan keterlibatan Blibli Cinta Bumi di Surabaya X Beauty merupakan wujud komitmen perusahaan menerapkan konsep Environmental, Social, Governance (ESG) di setiap kebijakannya, sejalan dengan prinsip Blibli sebagai e-commerce dengan bisnis berkelanjutan.
 
Blibli Cinta Bumi berupaya meningkatkan kesadaran konsumen akan isu lingkungan dari penggunaan produk kecantikan dengan mengajak mereka mendaur ulang kemasan produk. Blibli menghadirkan tiga lokasi drop box bagi pengunjung menaruh kemasan kosong kosmetiknya.
 
Seluruh sampah ini selanjutnya diolah kembali menjadi barang baru bersama mitra-mitra Blibli yang turut melibatkan komunitas perempuan, difabel, dan pengungsi, sesuai konsep sustainable business berbasis ESG oleh Blibli, yaitu terkait dengan pemberdayaan komunitas.
 
"Melalui Blibli Cinta Bumi, Blibli merupakan e-commerce pertama di Indonesia yang menjalankan inisiatif ramah lingkungan. Sejak diinisiasi pada 2020, daur ulang sampah, khususnya kardus dan plastik, telah menjadi salah satu fokus utama dari Blibli Cinta Bumi," ungkapnya.
 
Selain didaur ulang, tiap 10 kardus yang dikumpulkan memiliki nilai satu pohon yang akan Blibli tanam ke depannya. Upaya penanaman pohon ini pun sudah dimulai sejak 2021 melalui penanaman 1.000 pohon di Rembang, Jawa Tengah bersama lembaga dan pemerintah setempat.
 
"Blibli akan terus mengembangkan Blibli Cinta Bumi melalui sinergi bersama lebih banyak mitra yang memiliki kesamaan visi akan kepedulian lingkungan. Hal ini merupakan bagian dari konsep ESG dan upaya Blibli untuk mendukung Indonesia menuju Net Zero Emissions," pungkas dia.
 
(SAW)


LEAVE A COMMENT
LOADING

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif