Dalam laporan "Perilaku Belanja Online Indonesia Tahun 2016-2017", tim riset iPrice sudah mengamati tingginya minat masyarakat Asia Tenggara dalam menggunakan smartphone untuk berbelanja online.
Berikut pangsa traffic mobile tertinggi pada periode 2016-2017:
- Indonesia memimpin dengan pangsa traffic mobile tertinggi yaitu 81 persen.
- Thailand 74 persen.
- Filipina 71 persen.
- Singapura 70 persen.
- Malaysia 69 persen.
- Vietnam 65 persen.
Baca juga: Simak! Ini 4 Jurus Terhindar dari Penipuan Daring |
Sementara pangsa traffic mobile tertinggi pada periode 2021-2022:
- Vietnam memiliki peningkatan pangsa traffic mobile tertinggi yaitu sebesar 14,97 persen dari 65 persen pada periode 2016-2017 menjadi 79,97 persen pada periode 2021-2022.
- Indonesia sebesar 12,16 persen.
- Malaysia sebesar 8,4 persen.
- Thailand sebesar 4,66 persen.
- Filipina sebesar 4,44 persen.
- Singapura sebesar 1,95 persen.
Di sisi lain, Indonesia masih memimpin pasar e-commerce Asia Tenggara menuju wilayah mobile-only dengan pangsa traffic mobile hampir mencapai 100 persen pada periode 2021-2022.
Tentunya tujuh perusahaan unicorn e-commerce Indonesia turut berperan dalam mengubah perilaku penelusuran online di Indonesia, optimisasi situs untuk perangkat yang lebih kecil dan peluncuran aplikasi yang dilakukan untuk meningkatkan kenyamanan pelanggan mendorong jutaan orang di Indonesia beralih menuju platform mobile. (Miskah Syifa Putri)
Cek Berita dan Artikel yang lain di
Google News