Ilustrasi. Foto: Freepik
Ilustrasi. Foto: Freepik

Live Shopping Masih Bakal Jadi Ladang Cuan Berdagang via E-Commerce

Gana Buana • 16 Januari 2024 13:04
Jakarta: Berjualan dengan melakukan siaran langsung (live shopping) di platform e-commerce diprediksi masih akan menjadi tren pada 2024.
 
Di tahun ini, perusahaan riset publik, IPSOS memprediksi makin banyak pelaku UMKM yang akan melakukan live shopping.  
 
Direktur Eksekutif IPSOS Indonesia Andi Sukma mengatakan, live shopping memiliki banyak keunggulan dibanding metode penjualan yang sudah biasa ditemukan di pasar daring.
 
"Fitur ini masih jadi salah satu primadona bagi para seller, dengan kemudahan yang ditawarkan para UMKM mampu dengan mudah berinteraksi dengan pembeli. Mereka berkomunikasi dan membangun engagement. Itu menjadi salah satu daya tarik yang sukar ditandingi oleh fitur-fitur konvensional," kata Andi dilansir Media Indonesia, Selasa, 16 Januari 2024.
 
Dalam survei terbaru IPSOS yang bertajuk "Tren Live Streaming E-commerce bagi Penjual" mencatat beberapa dampak positif dirasakan pelaku UMKM setelah rutin berjualan daring dengan metode live shopping di antaranya perluasan jangkauan pasar, penghematan biaya promosi, hingga membangun kepercayaan pelanggan.
 
"73 persen yang menggunakan metode ini mereka meningkatkan omzet, 68 persen diantaranya mereka mengatakan bisa memperluas pasarnya, dan beberapa dampak lainnya dirasakan oleh para pelaku UMKM," kata Andi.
 
Dampak lainnya yang ditemukan diantaranya seperti penghematan biaya promosi dirasakan oleh 64 persen pelaku UMKM, lalu 60 persen merasakan interaksi dengan pelanggan lebih lancar karena komunikasi real-time, 59 persen merasa lebih dipercaya oleh pelanggan, dan 49 persen merasa lebih aman dalam bertransaksi.
 
Baca juga: 7 Produk Paling Laris di E-commerce saat Musim Hujan, Bisa Jadi Cuan!

Shopee jadi favorit live shopping UMKM

Survei itu juga mendapati ada empat platform "live shopping" yang paling populer digunakan di Indonesia. Shopee Live menjadi platform yang menempati posisi pertama dengan persentase pengguna 96 persen, disusul TikTok Live dengan persentase 87 persen, Lazada Live 71 persen, dan Tokopedia Play 62 persen.
 
IPSOS juga menemukan ada empat kategori produk yang paling banyak dijual oleh pelaku UMKM secara daring dengan menggunakan metode live shopping. Kategori fesyen mendominasi dengan tingkat penjualan sebesar 56 persen, disusul dengan kategori beauty care and health dengan persentase 39 persen, FMCG 32 persen, dan kategori gaya hidup dengan persentase 17 persen.
 
Berkaca dari hal itu, IPSOS Indonesia optimistis live shopping di 2024 masih akan relevan dan digunakan banyak pelaku UMKM sebagai metode yang digunakan untuk berjualan daring.
 
"Kami juga melihat fenomena live shopping ini platformnya juga akan berkembang, semakin banyak yang akan menggunakan platform-platform lainnya," ujar Andi.
 
 
 
Cek Berita dan Artikel yang lain di
Google News
(ANN)


TERKAIT

BERITA LAINNYA

social
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan