Ilustrasi E-commerce. Foto : Medcom.
Ilustrasi E-commerce. Foto : Medcom.

Transaksi Meningkat, E-Commerce Ajak Pelanggan Kelola Sampah Belanja Online

Ekonomi belanja online perdagangan Ekonomi Digital Ecommerce pandemi covid-19
Eko Nordiansyah • 28 April 2022 17:57
Jakarta: E-commerce Blibli mencatat peningkatan transaksi hingga lebih dari 80 persen dibandingkan hari biasa menjelang momen Lebaran tahun ini. Peningkatan aktivitas belanja ini tentunya akan meningkatkan pula jumlah sampah dari paket-paket belanja baik secara online maupun offline.
 
VP of Public Relations Blibli Yolanda Nainggolan mengatakan momentum jelang Lebaran ini bertepatan dengan Peringatan Hari Bumi. Oleh karena itu, Blibli mengajak para pelanggannya untuk bisa mengelola sampah dari belanja online ini agar didaur ulang menjadi produk yang bisa kembali digunakan.
 
"Blibli melalui program Blibli Cinta Bumi mengajak partisipasi pelanggan untuk mengurangi sampah dengan mengembalikan kemasan baik berupa kardus dan plastik untuk kemudian didaur ulang menjadi kardus baru atau paper filler dalam proses pengemasan," kata dia dalam keterangan resminya, Kamis, 28 April 2022.
 
Ia menambahkan, gerakan Blibli Cinta Bumi yang diinisiasi di awal 2020 ini menunjukkan pertumbuhan signifikan pada partisipasi pelanggan. Pasalnya, jumlah sampah kemasan yang dikembalikan pelanggan pada kuartal I-2022 bertumbuh lima kali lipat dibandingkan periode yang sama di tahun sebelumnya.
 
"Peningkatan partisipasi pelanggan dalam program Blibli Cinta Bumi menunjukkan tingginya kesadaran masyarakat terhadap isu lingkungan. Hal ini menjadi apresiasi sekaligus motivasi bagi Blibli untuk secara konsisten terus mengembangkan program Blibli Cinta Bumi," ungkapnya.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Yolanda menyebut, Blibli akan terus memfasilitasi pengembalian kardus dari pelanggan dengan jangkauan lebih luas lagi. Aktivitas ini juga merupakan gerakan untuk mengajak pelanggan menerapkan gaya hidup 6R yaitu reduce, reuse, recycle, refuse, remove, dan rally untuk melengkapi aksi mengurangi sampah kertas dan plastik untuk melindungi bumi.
 
"Mengembalikan kardus dan plastik bekas kemasan untuk dapat didaur ulang sebagai produk dengan kemanfaatan baru akan memberikan nilai tambah pada sampah tersebut. Secara tidak langsung hal ini juga berkontribusi pada rasa memiliki dan apresiasi diri karena turut berperan dalam aksi Cinta Bumi," ujar dia.
 
Sebagai omnichannel commerce platform yang menerapkan prinsip berkelanjutan, Blibli terus mengimbau pelanggan untuk dapat mengembalikan sampah kardus melalui kurir BES atau mengantar ke lokasi drop off yang tersebar di Jabodetabek untuk selanjutnya akan di-recycle atau upcycle menjadi barang dengan kemanfaatan baru.
 
Saat ini program Blibli Cinta Bumi menyediakan beberapa lokasi drop off sampah kemasan di beberapa wilayah di Jabodetabek, yaitu Gedung Slipi (Blibli Office), Gedung Slipi 2 (Djarum), Blibli Return Center Cawang, WTC Mangga Dua, Gedung Sarana Jaya, serta BSD Junction.
 
(SAW)


LEAVE A COMMENT
LOADING
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif