Mitra pengemudi Gojek. Foto : MI.
Mitra pengemudi Gojek. Foto : MI.

Gojek Keluarkan Rp1 Triliun Selama Masa Pandemi untuk Dukung Mitra UMKM dan Driver

Ekonomi UMKM gojek Ojek Online Ekonomi Digital pandemi covid-19 Pemulihan Ekonomi Nasional
Eko Nordiansyah • 07 November 2021 12:49
Jakarta: Penyedia platform on-demand Gojek telah mengeluarkan sekitar Rp1 triliun untuk berbagai inisiatif mendukung mitra Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) dan mitra driver. Inisiatif tersebut bertujuan membantu mitra bertahan, tumbuh, dan bangkit bersama menghadapi pandemi covid-19 yang melanda sejak tahun lalu.
 
CEO Gojek Kevin Aluwi mengatakan dukungan mitra driver dan mitra UMKM selama 11 tahun ini membantu Gojek dapat terus memberikan dampak positif dalam memudahkan kehidupan sehari-hari masyarakat, yang tercermin melalui kontribusi ekosistem terhadap pertumbuhan dan pemulihan ekonomi nasional.
 
"Oleh karena itu, dengan memahami bahwa kondisi pandemi merupakan masa-masa sulit bagi mitra ekosistem kami, dalam dua tahun terakhir kami menjalankan berbagai inisiatif bantuan kepada mitra-mitra kami agar mitra driver bisa tetap memperoleh peluang pendapatan dan mitra UMKM tetap tumbuh usahanya," kata dia dalam keterangan tertulisnya, Minggu, 7 November 2021.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Ia menambahkan, seluruh upaya yang dilakukan perusahaan ini merupakan bentuk dukungan berkelanjutan Gojek agar dapat #BangkitBersama. Khusus bagi mitra UMKM, lanjut Kevin, Gojek memiliki berbagai inisiatif untuk membantu agar bisnis pelaku UMKM di ekosistem Gojek tetap bertahan dan tumbuh.
 
"Kami secara konsisten memberikan subsidi promo bagi mitra UMKM yang tidak hanya bertujuan mendorong daya beli konsumen, tetapi juga menimbulkan efek bola salju sehingga mitra usaha dan mitra driver tetap bisa mendapatkan order," ungkapnya.
 
Selain program subsidi promo, Gojek membekali mitra UMKM dengan membagikan paket protokol kesehatan supaya konsumen tetap merasa aman dan nyaman memesan GoFood. Para mitra UMKM antara lain memperoleh bantuan berupa aset digital dan perangkat fisik untuk menunjang protokol kesehatan seperti care kits, safety seal (selotip pengaman), kartu suhu tubuh, cairan pembersih, dan lain-lain.
 
GoFood juga mendistribusikan tas pengantaran kepada para mitra driver untuk membantu menjaga higienitas makanan yang diantarkan. Selain itu, Gojek juga memfasilitasi akses vaksinasi covid-19 untuk para mitra UMKM di berbagai daerah," ujar dia.
 
Tidak berhenti di situ, selama masa pandemi, Gojek memperkuat Komunitas Partner GoFood (KOMPAG) dengan beragam materi edukasi baru. Dengan semua inisiatif ini, GoFood terus tumbuh menjadi layanan pesan-antar makanan andalan masyarakat dengan satu juta mitra UMKM di seluruh Indonesia.
 
Di lain pihak, Gojek mengemas bantuan kepada mitra driver dalam bentuk Program Kesejahteraan Mitra Driver yang terdiri dari tiga program utama. Pertama, bantuan kebutuhan pokok yang mencakup uang belanja sembako, voucher belanja sembako, voucher potongan harga sembako dari GoPay, serta voucher makanan murah dan sehat untuk keluarga mitra driver.
 
Kedua, bantuan penyediaan layanan dan perlengkapan kesehatan yang terdiri dari pembagian masker, hand sanitizer, disinfektan, kegiatan operasional Posko Aman, edukasi dan sosialisasi vaksinasi, serta fasilitasi vaksinasi bagi ratusan ribu mitra driver di lebih dari 130 kota/ kabupaten lewat penyelenggaraan pelayanan vaksinasi melalui kerja sama dengan pemerintah maupun swasta.
 
"Terakhir, bantuan pengganti pendapatan bagi mitra driver yang nonaktif sementara saat masa pemulihan dari covid-19," pungkas dia.
 
(SAW)


LEAVE A COMMENT
LOADING
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif