Layanan keuangan berbasis elektronik LinkAja - - Foto: Antara/ Aprillio Akbar
Layanan keuangan berbasis elektronik LinkAja - - Foto: Antara/ Aprillio Akbar

Pengguna LinkAja Capai 50 Juta di Tahun Pertama

Ekonomi LinkAja layanan digital
Antara • 30 Juni 2020 22:18
Jakarta: Layanan uang elektronik LinkAja mengklaim telah digunakan oleh hampir 50 juta pengguna di tahun pertama peluncurannya. Pengguna layanan yang dilengkapi oleh 120 fitur itu tersebar di lebih dari 90 persen wilayah di seluruh Indonesia.
 
Direktur Utama LinkAja Haryati Lawidjaja mengatakan sebanyak 83 persen pengguna tersebar di luar Jakarta, dengan 40 persen pengguna di antaranya berada di luar pulau Jawa.
 
"Masih banyak pekerjaan rumah yang harus dilakukan dalam mencapai visi dan misi kami, namun kami berharap awal kecil ini dapat menjadi langkah besar dalam membawa perubahan berarti, memberikan kesetaraan akses layanan keuangan digital untuk seluruh lapisan masyarakat," katanya dikutip dari Antara, Selasa, 30 Juni 2020.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Ia menambahkan pertumbuhan LinkAja juga tercermin dari besarnya ekosistem holistik yang dimiliki berkat strategi kolaborasi dengan berbagai pihak lintas sektor. LinkAja telah melakukan kerja sama dengan beberapa pemerintah daerah melalui digitalisasi pasar tradisional, layanan retribusi, hingga pengembangan UMKM.

 
Hingga Juni 2020, LinkAja telah mendigitalisasi pembayaran di 466 pasar tradisional seluruh Indonesia, bekerja sama dengan 234 ribu merchant lokal dan menyediakan lebih dari satu juta akses cash in kepada masyarakat, baik berupa bank channel, modern retail hingga layanan keuangan digital.
 
Dompet digital produk PT Fintek Karya Nusantara (Finarya) itu juga memiliki lebih dari 250 pembayaran tagihan mencakup tagihan air PDAM, listrik, TV kabel, pulsa hingga voucher games, serta bekerja sama dengan 11.376 merchant nasional dan 1.569 e-commerce seperti Bukalapak, Tokopedia, Blanja.com, KlikIndomaret, dan Alfacart.
 
Di lini transportasi, LinkAja telah bekerja sama menjadi mitra pembayaran bagi 104 moda transportasi seperti layanan pembayaran di PT Kereta Api Indonesia, PT Kereta Commuter Indonesia, Garuda Indonesia, Citilink hingga opsi pembayaran untuk transportasi online, transportasi lokal daerah seperti Trans Semarang hingga pembayaran taksi dan bus.
 
Selain itu LinkAja juga dapat digunakan di lebih dari 3.000 SPBU Pertamina di seluruh Indonesia. Meningkatkan kesadaran masyarakat akan pentingnya asuransi, LinkAja juga bekerja sama dengan 22 lembaga asuransi serta menjadi mitra pembayaran untuk BPJS Kesehatan dan Ketenagakerjaan.
 
Untuk memenuhi kebutuhan masyarakat muslim di Indonesia yang membutuhkan alat pembayaran elektronik berlandaskan kaidah syariah, LinkAja menghadirkan Layanan Syariah LinkAja yang merupakan uang elektronik syariah pertama dan satu-satunya di Indonesia untuk memfasilitasi berbagai jenis pembayaran sesuai kaidah syariat Islam.
 
Di dalam ekosistem holistiknya saat ini, LinkAja juga telah bekerja sama dengan lebih dari 2.263 tempat ibadah dan menyediakan platform donasi untuk 1.841 lembaga umum dan lebih dari 13 ribu lembaga keagamaan.

 
"Dengan pencapaian awal yang kami raih di tahun pertama ini, LinkAja optimistis dapat menjadi produk pilihan bangsa yang unggul dan terpercaya untuk memajukan kesejahteraan masyarakat Indonesia. Kami harap keberadaan LinkAja dapat memberikan akses keuangan bagi masyarakat yang selama ini belum tersentuh oleh layanan keuangan, hingga pada akhirnya bisa membantu meningkatkan kesejahteraan mereka melalui ekonomi yang mandiri," kata Haryati.
 
Sementara itu Wakil Menteri II Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Kartika Wirjoatmodjo mengatakan Kementerian BUMN mendukung pengembangan LinkAja di umur satu tahun ini sebagai salah satu inisiatif layanan keuangan dengan tujuan meningkatkan literasi dan inklusi keuangan.
 
"Keberadaan LinkAja sebagai dompet elektronik terkemuka di Indonesia akan melengkapi ekosistem industri keuangan dalam menjangkau dan mengedukasi masyarakat, khususnya yang belum tersentuh oleh layanan perbankan. Dengan peningkatan literasi dan inklusi keuangan ini, diharapkan dapat meningkatkan kualitas hidup masyarakat Indonesia untuk terus maju dan sejahtera," imbuhnya.
 
Sebagai bentuk terima kasih terhadap kesetiaan para pengguna, LinkAja juga menghadirkan beragam promo dalam Festival 1 Tahun LinkAja. Pengguna akan mendapatkan cashback hingga 50 persen ketika melakukan transaksi di LinkAja baik berupa pembayaran tagihan, pembelian pulsa, berbelanja di merchantonlinedanofflinefavorit hingga pemesanan makanan pesan antar.

 

(Des)
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif