Gojek. Foto : MI.
Gojek. Foto : MI.

Bantuan Gojek kepada Mitra Bisa Jadi Contoh Perusahaan Lain

Eko Nordiansyah • 10 Agustus 2021 13:56
Jakarta: Masyarakat Transportasi Indonesia (MTI) menilai langkah Gojek yang memberikan bantuan belanja sembako kepada ratusan ribu mitra drivernya merupakan hal yang tepat. Hal ini bahkan patut dicontoh oleh perusahaan besar lainnya.
 
Sekretaris Jenderal MTI Harya S. Dillon mengatakan bantuan tersebut akan membantu meringankan beban para mitra Gojek yang terdampak pandemi. Kebijakan ini menunjukkan pentingnya tanggung jawab sosial dalam situasi pandemi saat ini.
 
"Jangan berburuk sangka. Harusnya kita melihat ini dari kacamata kemanusiaan. Yang dilakukan Gojek akan meringankan kesulitan sesama di masa pandemi," kata dia kepada wartawan di Jakarta, Selasa, 10 Agustus 2021.

Menurutnya, mereka yang terhubung dengan ekosistem daring ini perlu mendapat prioritas. Selain kontribusinya pada perekonomian besar, secara administratif data mitra sudah tersusun baik sehingga memudahkan  penyaluran bantuan lebih tepat sasaran.
 
"Sektor ride hailing, terutama dari sisi pesan-antar makanan, turut berkontribusi terhadap perekonomian karena menawarkan peluang untuk terus berkembang bagi pengusaha mitra UKM maupun aplikatornya. Jadi jangan berburuk sangka kalau mereka menjadi prioritas untuk mendapat bantuan," jelas dia.
 
Pekan lalu Gojek menunjukkan solidaritas dan dukungannya kepada para mitra. Gojek menyalurkan bantuan belanja sembako senilai total Rp25 miliar secara cashless atau nontunai, langsung ke akun ratusan ribu mitra driver di seluruh Indonesia.
 
CEO Gojek Kevin Aluwi mengatakan upaya ini tergergerak oleh rasa solidaritas dan keinginan untuk terus mendukung mitra driver di masa penuh tantangan ini. Bantuan belanja sembako diberikan bagi ratusan ribu mitra driver Gojek aktif di seluruh Indonesia.
 
"Bantuan ini merupakan kelanjutan dari rangkaian Program Kesejahteraan Mitra Driver yang telah dan terus berjalan untuk membantu mitra-mitra kami di masa pandemi ini," ungkap Kevin.
 
Upaya yang Gojek jalankan ini sejalan dengan gerakan #BangkitBersama yang diinisiasi oleh Group GoTo. Melalui gerakan ini layanan-layanan yang berada dalam ekosistem GoTo hadir membantu masyarakat, termasuk UMKM dan pekerja sektor informal, untuk dapat bangkit kembali seusai pandemi covid-19.
 
Sejak awal pandemi di Indonesia, Gojek konsisten membantu mitra driver melalui Program Kesejahteraan Mitra Driver yang berfokus pada tiga hal yakni penyediaan layanan dan perlengkapan kesehatan, keringanan beban biaya harian, dan bantuan pendapatan.
 
"Tiga inisiatif ini telah dilaksanakan melalui adanya Dana Bantuan Mitra senilai Rp100 miliar yang diantaranya berasal dari donasi 25 persen gaji tahunan jajaran manajemen senior dan anggaran kenaikan gaji tahunan seluruh karyawan," ujar dia.
 
Di samping itu, Gojek terus bekerja sama dengan berbagai pihak baik pemerintah maupun swasta untuk dapat meminimalisasi dampak ekonomi yang disebabkan oleh pandemi. Misalnya melalui program relaksasi cicilan kendaraan, hingga akselerasi vaksinasi covid-19 bagi mitra driver.
 
Cek Berita dan Artikel yang lain di
Google News
(SAW)


TERKAIT

BERITA LAINNYA

social
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan