Belanja di Marketplace. Foto : MI.
Belanja di Marketplace. Foto : MI.

Riset: Konsumen Indonesia Suka Beli Produk Lokal di E-commerce

Annisa ayu artanti • 07 Februari 2021 12:16
Jakarta: Pembayaran digital, Visa Inc. menyatakan saat ini preferensi belanja konsumen Indonesia telah berubah signifikan. Konsumen Indonesia beralih belanja melalui e-commerce dan membeli produk lokal di tengah ketidakpastian pandemi.
 
Berdasarkan studi yang dilakukan Visa, e-commerce menawarkan banyak fitur yang memungkinkan konsumen berbelanja dengan nyaman dari rumah. Adapun lima fitur e-commerce terpopuler yang diminati konsumen adalah pengiriman gratis, voucher diskon, kemudahan pembayaran, respons cepat dari penjual, dan kemampuan untuk melihat ulasan dari pelanggan lain.
 
Presiden Direktur Visa Indonesia Riko Abdurrahman mengatakan pandemi telah mengharuskan konsumen untuk berbelanja dengan cara yang berbeda dan memprioritaskan belanja online yang belum pernah terjadi sebelumnya.

"Studi kami menunjukkan banyak konsumen telah menganggap e-commerce sebagai surga dalam memenuhi kebutuhan esensial dan bahkan tersier mereka. E-commerce juga memungkinkan belanja minim kontak fisik dan transaksi yang lebih aman, yang telah menjadi perhatian utama pembeli di tengah masa sulit ini," katanya dalam keterangan tertulis, Minggu, 7 Februari 2021.
 
Di sisi lain, Riko juga menjelaskan berdasarkan dari studi ini juga terungkap banyak masyarakat Indonesia yang mulai berbelanja produk lokal. Pertimbangan harga dan manfaat menjadi perhatian utama para konsumen.
 
Tercatat, lebih dari separuh konsumen Indonesia menganggap produk lokal lebih atraktif dari segi harga, produk lokal juga dinilai memiliki kualitas yang diinginkan, serta menawarkan beragam diskon.
 
Tiga kategori produk lokal teratas yang paling dicari dan dibeli secara online selama enam bulan terakhir adalah makanan-minuman sebanyak, fesyen dan aksesori serta perawatan kulit dan kosmetik.
 
"Di masa serba tidak pasti saat ini, konsumen terdorong untuk mencari alternatif yang lebih terjangkau, termasuk membeli lebih banyak produk lokal dengan kualitas yang sebanding. Hasilnya, banyak Usaha Kecil & Mikro (UKM) yang cepat beralih ke e-commerce mendapat keuntungan dari tren ini," pungkasnya.

 
Cek Berita dan Artikel yang lain di
Google News
(SAW)


TERKAIT

BERITA LAINNYA

social
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan