Distrupsi digital. Foto : Medcom.
Distrupsi digital. Foto : Medcom.

Erick Thohir: Generasi Muda Harus Berlatih Hadapi Disrupsi Digital

Ekonomi Ekonomi Digital generasi milenial Erick Thohir Generasi Muda
Arif Wicaksono • 18 April 2022 19:58
Jakarta: Kualitas masyarakat Indonesia, khususnya generasi muda, harus didorong dengan pelatihan terus menerus di era revolusi digital. Pemuda Indonesia harus ditingkatkan untuk update terhadap tren pekerjaan di masa depan.
 
Menurut Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Erick Thohir, di era yang penuh disrupsi digital saat ini, sangat penting untuk bisa terus belajar, sehingga bisa meningkatkan kualitas diri.
 
"Kita mesti reskilling, upskilling, kita harus terus belajar, tidak merasa terpintar. Apalagi kalau dikritik tidak mau," ujar Erick Thohir dalam keterangan resminya, Senin, 18 April 2022.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Erick Thohir sadar, kehadiran pandemi covid-19 juga menjadi penunjang perubahan yang begitu cepat terjadi di Indonesia. Bahkan, juga memengaruhi tren pekerjaan yang sebagian besar akan digeluti oleh generasi muda Indonesia.
 
"Tren pekerjaan yang tumbuh utamanya di bidang digital teknologi. Antara lain programmer, AI, digital marketing, data scientist, data analytics, dan banyak lainnya," tambah Erick Thohir.
 
Terlebih, Indonesia akan memasuki bonus demografi pada 2030, yang memungkinkan akan memiliki populasi dengan jumlah mayoritas usia produktif dalam dunia pekerjaan.
 
Erick Thohir pun terus menjembatani generasi muda Indonesia, untuk bisa terus meningkatkan kemampuan dan kualitas dirinya agar bisa adaptif dan berdaya saing global.
 
"273 juta penduduk Indonesia sekarang mayoritas Gen Z yang mencari pekerjaan," ungkap Erick Thohir.
 
Karena itulah, Erick Thohir terus melahirkan sejumlah program dan kebijakan yang diorientasikan pada peningkatan kualitas generasi muda Indonesia.
 
Seperti program magang bersertifikat, Gerakan #AkselerasiGenerasiDigital, Indonesia Digital Tribe (IDT), dan banyak lainnya, yang disiapkan oleh Erick Thohir agar generasi muda bisa adaptif dan savvy teknologi.
 
Selain itu, Erick Thohir juga kerap meluangkan waktu untuk menjadi pemateri dalam seminar-seminar nasional untuk berbagi ilmu dan pengetahuan. Khususnya, pertemuan ddengan para ahasiswa, agar membangun optimisme sehingga bisa menumbuhkan mindset yang positif.
 
"Harus memiliki mentalitas yang positif, yaitu namanya growth mindset," tutup Erick Thohir.
 
(SAW)


LEAVE A COMMENT
LOADING
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif