Ilustrasi. Foto : MI/Arya M.
Ilustrasi. Foto : MI/Arya M.

Startup Logistik Mulai Rambah Indonesia Timur

Ekonomi logistik startup kawasan indonesia timur
Antara • 01 April 2020 17:39
Makassar: Startup logistik berbasis teknologi, Paxel, mulai merambah pasar di Indonesia Timur. Ini merupakan ekspansi pertamanya di Pulau Sulawesi yang sebelumnya telah melayani 700 ribu pengguna yang tersebar di area Jabodetabek, Bandung, Semarang, Yogyakarta, Solo, Malang, Surabaya, dan Bali.
 
COO Paxel, Zaldy Ilham Masita mengemukakan jangkauan diperluas hingga ke Makassar dilakukan untuk menjawab kebutuhan konsumen dan menjadi solusi atas permasalahan seputar pengiriman barang yang kerap terjadi.
 
"Paxel mampu menghadirkan layanan sameday delivery antar kota dan antarprovinsi dengan ongkos kirim flat," katanya.
Click to Expose

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Teknologi Paxel memungkinkan tarif pengiriman dalam kota untuk paket dengan berat maksimal 5 kg dipatok flat senilai Rp10 ribu.
 
Bukan itu saja, Paxel juga memberikan garansi uang kembali jika kurir terlambat saat melakukan pick-up barang dan asuransi jika terjadi kehilangan atau kerusakan paket hingga Rp10 juta. Selain itu, konsumen juga bisa melacak perjalanan paket yang dikirim menggunakan Paxel secara real-time lewat aplikasi Paxel.
 
Zaldy mengemukakan bahwa Paxel mengubah cara kerja logistik di Indonesia dengan menerapkan sistem pengiriman estafet yang memanfaatkan big data, algoritma kecerdasan buatan (AI), dan loker pintar (smart locker) yang berfungsi sebagai pusat untuk menyortir barang berdasarkan kota tujuan.
 
Teknologi loker pintar itu, kata dia, sudah tersebar pada 90 titik dilengkapi dengan akses QR code bagi mitra kurir atau yang dikenal dengan sebutan happines hero.
 
"Teknologi inilah yang bisa membuat ongkos kirim menjadi lebih efisien dibandingkan logistik konvensional," ujarnya.
 
Melalui peluncuran perdana di Kota Makassar, Paxel memberikan potongan harga pengiriman sebesar 50 persen dengan kode promo "MKS50" untuk pengiriman dalam Kota Makassar, Jabodetabek-Makassar dan sebaliknya.
 

(SAW)

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif