Memperkuat pelayanan dalam kategori travel guna memenuhi animo pelanggan, Blibli memulai kerja sama dengan Tourism Malaysia (TM) secara simbolis yang bertempat di Grand Hyatt Hotel Jakarta pada 15 November 2022. Melalui kerja sama ini, pelanggan akan mendapatkan lebih banyak pilihan harga terbaik untuk destinasi wisata dan berbagai atraksi hiburan di Malaysia, tiket perjalanan, serta kelengkapan travel lainnya.
Komitmen di atas selaras dengan kebangkitan sektor pariwisata dan industri kreatif nasional pascapandemi, dengan menurut data World Economic Forum 2022, posisi Indonesia meningkat tajam dari peringkat ke-44 menjadi ke-32 dalam Global Tourism Index. Fakta tersebut di antaranya dipengaruhi oleh pertumbuhan tingkat vaksinasi, serta pembukaan kembali sebagian besar perbatasan internasional di seluruh dunia.
Di saat bersamaan, Blibli juga mencatatkan pertumbuhan positif atas bisnis traveling and entertainment, seperti di antaranya kenaikan permintaan rental kendaraan roda empat yang signifikan di paruh kedua 2022, penjualan tiket event di semester II naik tujuh kali lipat dibandingkan semester I pada tahun yang sama, serta pembelian tiket penerbangan dan kereta api yang masing-masing meningkat 2,5 dan empat kali lipat dibanding 2021.
Executive Vice President (EVP) of Digital Product & Automotive Category Blibli Lay Ridwan Gautama mengatakan kemitraan bersama Tourism Malaysia, selain untuk sama-sama membangkitkan industri pariwisata, sinergi ini turut menghadirkan pengalaman travel & lifestyle yang terintegrasi penuh dalam satu platform yang mempermudah customer journey, sebelum dan selama bepergian.
"Sinergi ini juga mempertegas komitmen Blibli dalam menyediakan layanan berkualitas terbaik dan berfokus pada pelanggan serta didukung dengan berbagai kemudahan, diantaranya kelengkapan fasilitas pembayaran baik itu dengan partner bank, kartu kredit atau debit, dompet digital sampai dengan cicilan.” jelas dia dalam keterangan tertulisnya, Rabu, 16 November 2022.
Senada dengan optimisme tersebut, Wakil Sekretaris Jenderal (Kebudayaan), Kementerian Pariwisata, Seni dan Budaya Malaysia Mohd Yusri Mohd Yusof mengatakan sinergi yang terjalin ini merupakan salah satu pelayanan terbaik yang bisa didapatkan pelanggan Blibli dalam memenuhi kebutuhan travelling ke Malaysia dengan mudah.
"Apresiasi saya untuk Blibli yang telah menjadi pelopor omnichannel commerce and lifestyle platform terdepan di Indonesia, menjadikannya pilihan yang tepat bagi pelanggan saat travelling karena semua yang dibutuhkan berada dalam satu platform yang mudah dan nyaman,” jelas dia.
Ke depannya, baik Blibli maupun TM, optimis sinergi yang dijalin oleh keduanya dapat mendorong terciptanya layanan yang lebih terpersonalisasi dan semakin customer-centric, khususnya terkait traveling and entertainment, kepada seluruh pelanggan. Kedua belah pihak juga berharap sinergi ini dapat menghadirkan berbagai inovasi yang relevan dengan kebutuhan customer journey, termasuk aktif mendukung kebangkitan industri pariwisata dan ekonomi kreatif di Indonesia dan Malaysia melalui platform Blibli yang inklusif.
"Blibli optimistis melalui sinergi dengan TM, yang didukung oleh solusi omnichannel terdepan, dapat membantu pelanggan memenuhi kebutuhan travelling pascapandemi, yang mendukung perjalanan dengan nyaman dan mudah melalui pemanfaatan teknologi digital terpadu,” tutup Lay.
Jangan lupa ikuti update berita lainnya dan follow akun google news medcom.id.
Cek Berita dan Artikel yang lain di
Google News