Digitalisasi. Foto : Medcom.id.
Digitalisasi. Foto : Medcom.id.

Ladang Produk Digital, RI Dilirik Negara-Negara Dunia

Ekonomi industri digital Ekonomi Digital
Annisa ayu artanti • 11 November 2020 20:02
Jakarta: Perkembangan digitalisasi yang semakin cepat membawa Indonesia sebagai salah satu negara yang dilirik oleh dunia.
 
"Kita ini tidak kita pungkiri, dilirik seluruh dunia untuk produk digital," kata Ketua Dewan Komisioner Otoritas Jasa Keuangan (OJK) Wimboh Santoso dalam Indonesia Fintech Summit 2020, Rabu, 11 November 2020.
 
Wimboh menjelaskan Indonesia memiliki modal alami dan menjanjikan untuk membuat perkembangan teknologi digital tumbuh lebih cepat. Ia menyebut salah satu modal tersebut adalah bonus demografi. Dengan bertambahnya penduduk Indonesia setiap tahunnya maka penggunaan internet dan teknologi akan terus bertambah.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


"Makanya jangan heran, semua ingin masuk ke indonesia dengan platform digital," ucapnya
 
Lebih lanjut, Wimboh juga menyinggung bahwa digitalisasi juga akan mendorong perekonomian Indonesia untuk terus tumbuh. "Kita punya modal secara nature yang cukup menjanjikan untuk tumbuh lebih cepat dengan digital," ujarnya.
 
Di kesempatan yang sama, Gubernur Bank Indonesia (BI) Perry Warjiyo juga menyampaikan digitalisasi sebagai kunci sumber ekonomi di masa depan. BI telah melakukan berbagai upaya untuk transformasi digital. Salah satunya melalui sistem pembayaran digital atau QRIS.
 
"QRIS sekarang sudah lebih dari lima juta merchant tersambung. Digital payment system menyambungkan inklusi keuangan ritel melalui QRIS," sebut Perry.
 
Sementara untuk sektor perbankan, Perry melanjutkan digitalisasi perbankan juga tengah digenjot. Saat tercatat sudah ada 15 perbankan yang menggunakan digitalisasi banking.
 
"Kita juga ingin sambungkan open banking, digital banking dengan fintech. Kita dalam proses sambungkan, standardisasi application programming interface, bahwa apapun yang di-service oleh open banking dan fintech akan tersambungkan melalui application programming interface," jelasnya.
 
(SAW)


FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif