Ilustrasi Medcom.id.
Ilustrasi Medcom.id.

Tingkatkan Kepuasan Belanja Online, E-Commerce Berlomba Pikat Konsumen

Eko Nordiansyah • 20 Juni 2024 21:45
Jakarta: Pertumbuhan teknologi yang pesat telah membawa perubahan signifikan dalam perilaku berbelanja online masyarakat. Para pemain e-commerce di Indonesia seperti Shopee, Tokopedia, Lazada dan TikTok Shop terus meningkatkan daya saing melalui inovasi fitur serta program yang bertujuan untuk meningkatkan pengalaman belanja online.
 
"Seiring dengan meningkatnya popularitas belanja online, para platform e-commerce pun harus menyesuaikan strategi dan menghadirkan sejumlah inovasi guna menghadirkan pengalaman belanja online yang memuaskan bagi pengguna," kata Executive Director IPSOS Indonesia Andi Sukma dalam keterangan tertulisnya, Kamis, 20 Juni 2024.
 
Pada riset Ipsos berjudul 'Pengalaman dan Kepuasan Belanja Online di E-commerce', Shopee memiliki tingkat kepuasan tertinggi. Melalui survei dengan metode Online Panel ini, Shopee dipilih 62 persen responden untuk direkomendasikan kepada kerabatnya, diikuti oleh Tokopedia (46 persen), TikTok Shop (42 persen), dan Lazada (36 persen).

Salah satu kemudahan yang ditawarkan platform e-commerce juga dinilai dari ragam metode pembayaran. Sebanyak 64 persen responden menilai Shopee sebagai platform e-commerce dengan pilihan metode pembayaran yang paling beragam, diikuti oleh Tokopedia (15 persen), Lazada (11 persen), dan TikTok Shop (delapan persen).
 
Selain itu, salah satu metode pembayaran yang paling menarik perhatian lainnya adalah Cash on Delivery (COD), dimana Shopee mendominasi metode pembayaran COD sebesar 66 persen. Shopee juga paling unggul dengan 68 persen dalam menyediakan toko resmi yang beragam, dan menjadi platform e-commerce dengan harga termurah dengan 64 persen.
 
Untuk ragam pilihan layanan pengiriman, Shopee (66 persen) masih menjadi e-commerce dengan pilihan layanan pengiriman paling lengkap. Ipsos juga menemukan bahwa 63 persen responden menganggap Shopee menyediakan layanan live streaming terbaik, disusul oleh TikTok Shop (17 persen), Tokopedia (10 persen) dan Lazada (sembilan persen).
 
Baca juga: Perusahaan Jasa Logistik Berperan di Tengah Tren Belanja Online

Melalui riset ini, Ipsos menemukan bahwa Shopee (60 persen) menjadi aplikasi belanja online atau e-commerce yang paling unggul dalam hal kecepatan  pengiriman. Program Garansi Tepat Waktu dari Shopee juga paling dikenal secara luas oleh 71 persen responden, jauh melampaui program serupa dari platform e-commerce lain.
 
Kebijakan pengembalian barang yang mudah juga dinilai penting. Sebanyak 66 persen pengguna menyadari bahwa Shopee memiliki proses pengembalian barang tercepat. Program Garansi Bebas Pengembalian dari Shopee juga dikenal jauh lebih luas oleh 77 persen responden, jauh di atas program serupa dari platform e-commerce lainnya.
 
Andi mengungkapkan, melalui riset yang dilakukan Ipsos ini menunjukkan bahwa konsumen Indonesia kini semakin selektif dalam memilih platform e-commerce andalan mereka. Ia mengatakan, kehadiran berbagai fitur dan program yang mendukung kepuasan berbelanja online menjadi faktor penentu loyalitas masyarakat terhadap suatu platform.
 
"Shopee tidak hanya menawarkan pilihan metode pembayaran yang beragam, kelengkapan produk, harga yang termurah, dan ragam layanan pengiriman cepat serta proses pengembalian yang mudah, tetapi juga memanfaatkan fitur-fitur interaktif seperti live streaming dan video pendek untuk meningkatkan keterlibatan serta kepuasan konsumen," ungkap Andi.
 
Cek Berita dan Artikel yang lain di
Google News

Viral! 18 Kampus ternama memberikan beasiswa full sampai lulus untuk S1 dan S2 di Beasiswa OSC. Info lebih lengkap klik : osc.medcom.id
(END)


TERKAIT

BERITA LAINNYA

social
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan