Itu dipercaya akan memperkuat pertumbuhan ekonomi digital Indonesia dengan fokus pada pemberdayaan serta perluasan pasar bagi pelaku UMKM nasional.
Dengan diselesaikan transaksi itu, bisnis Tokopedia dan TikTok Shop Indonesia secara resmi bergabung di bawah PT Tokopedia. TikTok pun resmi menjadi pemegang saham pengendali.
Mengacu keterbukaan informasi, keduanya menyelesaikan transaksi saham, dengan Tokopedia menerbitkan saham baru kepada TikTok Nusantara (SG) Pte Ltd sehingga TikTok Nusantara (SG) Pte Ltd memiliki total saham 75,01 persen. Adapun nilai transaksi ini sebesar USD2,18 miliar atau setara dengan Rp33,847 triliun.
"Hari ini kami telah menyelesaikan transaksi kerjasama dengan TikTok, yang akan terus memberikan manfaat kepada Indonesia dan para pelaku UMKM. Ini juga merupakan langkah besar bagi Grup GoTo," kata Direktur Utama Grup GoTo, Patrick Walujo, dalam siaran pers, Kamis, 1 Februari 2024.
Baca juga: TikTok Ambil Alih 75% Saham Tokopedia |
Patrick mengatakan, pihaknya akan mengakselerasi pertumbuhan kami, salah satunya melalui dukungan dan kerjasama dengan ekosistem mitra bisnis perseroan.
"Seiring dengan arah profitabilitas dan perbaikan arus kas GoTo, kami akan mengoptimalkan penggunaan modal dan sedang menyusun rencana alokasi modal ke depan. Rencana tersebut mencakup beberapa inisiatif termasuk kemungkinan dilakukannya pembelian kembali (buyback) saham, dimana hal ini akan bergantung pada persetujuan regulator dan pemegang saham," jelas dia.
TikTok investasi USD1,5 Miliar ke Tokopedia
Melalui kemitraan ini, TikTok menyatakan akan menginvestasikan lebih dari USD1,5 miliar, sebagai komitmen jangka panjang untuk mendukung operasional bisnis Tokopedia, tanpa dilusi lebih lanjut pada kepemilikan GoTo di Tokopedia.
Melalui kesepakatan ini, TikTok dan GoTo dapat memperluas manfaat bagi konsumen serta pelaku UMKM Indonesia.
"Kami bangga bisa secara resmi bekerjasama dengan Tokopedia, beserta para pemangku kepentingan dan seluruh karyawan. Kami memandang momen ini sebagai sebuah capaian penting dalam mewujudkan komitmen kami berkontribusi lebih jauh untuk Indonesia, para pelaku UMKM, dan pertumbuhan ekonomi digital bersama dengan GoTo sebagai mitra kami," Direktur Eksekutif, E-commerce, TikTok Indonesia, Stephanie Susilo.
Cek Berita dan Artikel yang lain di
Google News