Ilustrasi. Foto: dok Ninja Xpress.
Ilustrasi. Foto: dok Ninja Xpress.

Jangan Asal Kemas, Simak 2 Tips Gaet Konsumen di Marketplace

Ade Hapsari Lestarini • 07 Maret 2022 11:16
Jakarta: Perusahaan jasa pengiriman last-mile di Indonesia, Ninja Xpress, membagikan tips pengemasan dan pengiriman paket yang baik agar para pelaku Usaha Kecil Menengah (UKM) mendapatkan ulasan baik di marketplace atau online store.
 
Kemasan adalah bagian penting dari branding dan memiliki daya tarik tersendiri sehingga dapat menambah nilai jual produk. Meskipun begitu, cara pengemasan dan pengiriman yang salah akan membuat konsumen kecewa karena barang akan lama sampai tujuan dan diterima dalam keadaan rusak.
 
Kualitas produk saja tidak dapat membuat konsumen untuk kembali berbelanja, maka dari itu, pengemasan dan pengiriman menjadi faktor penting dalam kesuksesan penjualan.

Berikut, ada dua hal yang harus diperhatikan para pelaku UKM dalam pengiriman paket agar terhindar dari penilaian buruk di marketplace/online store:  

Kemas barang sesuai dengan jenisnya


Pilih lapisan sesuai jenis barang agar tidak kotor. Pelapis dapat berupa kain, kertas, karton, plastik ataupun bubble wrap. Namun jika jenis barang memungkinkan, gunakan bahan-bahan pelapis yang ramah lingkungan untuk turut mengurangi penggunaan kemasan sekali pakai.
 
Masukkan produk yang sudah dilapisi ke dalam kardus kemasan. Hal ini terutama diperlukan jika ada banyak barang yang dikirim dengan tujuan yang sama dan barang termasuk jenis yang mudah rusak atau pecah.
 
Sertakan pengganjal di dalam kardus agar produk aman ketika ada guncangan. Bahan pengganjal dapat berupa gumpalan kertas, kertas serut, styrofoam, ataupun air bag pillow/poly air bubble.
 
Jika diperlukan, gunakan rangka kayu untuk pengamanan ekstra dan sertakan stiker bertuliskan "Fragile" atau "Jangan Dibanting", sehingga kurir mengetahui barang yang dikirim rentan mengalami kerusakan.

Ketik atau tulis nomor resi dan alamat dengan jelas dan lengkap


Siapkan kertas lalu tulis nomor resi dan alamat dengan lengkap mulai dari penerima, nomor telepon, jalan/gang, RT/RW, kelurahan, kecamatan, kota/kabupaten, provinsi, dan kode pos. Sertakan juga patokan atau petunjuk tertentu jika alamat penerima cukup sulit untuk ditemukan, misalnya di pemukiman padat atau gang kecil.
 
Sertakan juga nama, kontak dan alamat pengirim agar penerima mengetahui dengan jelas paket yang diterimanya. Pilih jasa pengiriman yang terpercaya seperti Ninja Xpress yang dapat melakukan penjemputan ke lokasi.
 
"Pengemasan adalah salah satu hal yang sering dinilai oleh pelanggan dalam transaksi online. Ninja Xpress selalu berkomitmen untuk #SiapBantuSampaiTujuan dengan memberdayakan UKM, salah satunya dengan berbagi tips pengemasan dan pengiriman barang agar paket sampai dalam keadaan aman dan tepat waktu," ujar CMO Ninja Xpress Andi Djoewarsa, dalam keterangan resminya, Senin, 7 Maret 2022.
 
Cek Berita dan Artikel yang lain di
Google News
(AHL)


TERKAIT

BERITA LAINNYA

social
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan