Illustrasi. Dok : MI.
Illustrasi. Dok : MI.

Tak Bagikan Dividen, MAPA Mau Kembangkan Usaha

Ekonomi setoran dividen mitra adiperkasa
Annisa ayu artanti • 15 Mei 2019 21:11
Jakarta: PT Map Aktif Adiperkasa Tbk (MAPA) tak membagikan dividen untuk tahun buku 2018. Perusahaan menjelaskan penggunaan laba saat ini diperuntukan untuk pengembangan usaha.
 
Secretary Corporate Map Aktif Adiperkasa Ratih D Gianda menjelaskan perusahaan berkode emiten MAPA ini baru saja melantai di bursa tahun lalu sehingga Rapat Umum Pemegang Saham Tahunan (RUPST) memutuskan perolehan laba atau keuntungan yang diperoleh perusahaan selama 2018 akan diputar terlebih dahulu untuk diprioritaskan pada pengembangan usaha.
 
Adapun perolehan laba tahun 2018, perseroan mencatat tumbuh 93,7 persen menjadi Rp631 miliar dari sebelumnya Rp458 miliar pada 2017. Pendapatan bersih perusahaan juga meningkat 23 persen, dari sebelumnya Rp5,1 triliun menjadi Rp6,2 triliun.
Click to Expose

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


"Dividen sudah dijelaskan, kita gunakan lebih ke perkembangan usaha dulu," kata Ratih di Hotel Mid Plaza, Jakarta, Rabu, 15 Mei 2018.
 
Ratih menjelaskan meski kontribusi digital masih sangat kecil, MAPA akan terus memperluas ekspansi penjualan secara digital. Ia menyebutkan saat ini kontribusi pendapatan dari digital masih 2 persen.
 
"Digital itu sesuatu inevstment masa depan," ungkap dia.
 
Sejauh ini, MAPA sudah memiliki MaPemall.com dan belum lama ini MAPA juga telah meluncurkan planetsport.asia. Perusahaan berharap adanya budaya belanja online di Indonesia dapat menumbuhkan pendapatan perusahaan.
 
Dalam dua tahun kedepan, Ratih menyebutkan, perusahaan memiliki target pertumbuhan pendapatan melalui digital sebesar 5 persen. "Target kita dua tahun ke depan 5 persen. Itu yang kita inginkan," sebut dia.
 
Tak hanya fokus dalam menggarap digital, Ratih menambahkan, MAPA juga tidak melupakan store offline. Setelah membuka gerai sebanyak 111 di tahun lalu perusahaan akan membuka gerai 50 di tahun ini.
 
"Gerai baru 50 di tahun ini," tukas dia.
 

(SAW)

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif