Ilustrasi. FOTO: Dok MI/PANCA SYURKANI
Ilustrasi. FOTO: Dok MI/PANCA SYURKANI

ECB Longgarkan Kebijakan Moneter, IHSG Berpeluang Rebound

Ekonomi ihsg
Angga Bratadharma • 13 September 2019 09:15
Jakarta: Semalam European Central Bank (ECB) memotong suku bunga simpanan sebanyak 10 bps menjadi minus 0,5 persen dari sebelumnya minus 0,4 persen. ECB juga menyatakan akan kembali melakukan pelonggaran moneter melalui pembelian obligasi senilai EUR20 miliar (USD22 miliar) sepanjang hal itu dibutuhkan untuk mendorong inflasi.
 
Sementara di Amerika Serikat (AS), Pemerintahan Trump telah mendiskusikan terkait kesepakatan sementara (interim deal) untuk menunda atau menghentikan kebijakan tarif antara AS dan Tiongkok. Proposal ini yang nantinya akan didiskusikan pada pertemuan AS dan Tiongkok di awal Oktober 2019 di Washington.
 
Investor memandang positif terkait hal ini, dengan juga mempertimbangkan perwakilan dari dua belah pihak yang dianggap kooperatif. Tercatat, S&P 500 naik sebanyak 0,29 persen, Dow Jones melonjak 0,17 persen, dan Nasdaq naik sebanyak 0,30 persen.
Click to Expose

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


"IHSG kemarin kembali terkoreksi 0,62 persen ke level 6.342,2 dengan penjualan bersih asing mencapai Rp494 miliar. Namun kami melihat IHSG berpeluang untuk rebound hari ini, menyusul bursa regional yang dibuka positif. Nikkei naik 0,93 persen dan Kospi naik +0,84 persen," sebut Samuel Research Team, seperti dikutip dari riset hariannya, Jumat, 13 September 2019.
 
Di sisi lain, bursa saham Amerika Serikat (AS) ditutup lebih tinggi pada Kamis waktu setempat (Jumat WIB). Kondisi itu terjadi karena Wall Street mencerna keputusan moneter baru dari bank sentral Eropa (ECB), perkembangan terakhir skenario perdagangan AS-Tiongkok, dan sejumlah data ekonomi.
 
Indeks Dow Jones Industrial Average naik sebanyak 45,41 poin atau 0,17 persen menjadi 27.182,45. Sedangkan S&P 500 menguat sebanyak 8,64 poin atau 0,29 persen menjadi 3.009,57. Indeks Komposit Nasdaq meningkat 24,79 poin atau 0,30 persen menjadi 8.194,47.
 
Mayoritas dari 30 saham unggulan di Dow Jones diperdagangkan lebih tinggi di sekitar penutupan pasar, dengan saham bellwether perdagangan tradisional 3M naik 1,49 persen, kinerja terbaik kedua dalam penghitungan. Perusahaan semikonduktor, yang pendapatan utamanya bergantung pada perdagangan dengan Tiongkok, juga memperpanjang kenaikan ringan.
 
Sebanyak sembilan dari 11 sektor utama S&P 500 diperdagangkan lebih tinggi di sekitar penutupan pasar, dengan sektor material naik lebih dari 0,7 persen. Ada harapan agar kondisi penguatan saham ini bisa terus terjadi di masa-masa yang akan datang.
 
Sementara itu, ECB memutuskan untuk memangkas suku bunga simpanan sebanyak 10 basis poin menjadi -0,5 persen dan meluncurkan program pembelian obligasi besar-besaran pada Kamis waktu setempat untuk menopang perekonomian zona euro yang merosot. ECB akan membeli aset bersih 20 miliar euro (setara USD21,9 miliar) per bulan.
 
Di sisi ekonomi, Indeks Harga Konsumen untuk Semua Konsumen Perkotaan (CPI-U) meningkat sebanyak 0,1 persen pada Agustus berdasarkan penyesuaian musiman setelah naik 0,3 persen pada Juli, Biro Statistik Tenaga Kerja AS mengatakan. Peningkatan dalam indeks untuk tempat tinggal dan perawatan medis adalah faktor utama dalam peningkatan bulanan.
 

(ABD)

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif