Ilustrasi. FOTO: Medcom.id/Angga Bratadharma
Ilustrasi. FOTO: Medcom.id/Angga Bratadharma

Minim Sentimen, IHSG Diperkirakan Berbalik Melemah

Ekonomi ihsg
Angga Bratadharma • 10 Oktober 2019 09:39
Jakarta: Pasar saham Amerika Serikat (AS) berbalik menguat setelah sejumlah ekspektasi positif datang dari investor terkait pembicaraan dagang antara AS dan Tiongkok yang akan terjadi pada Kamis, 10 Oktober 2019. Nasdaq naik 1,02 persen menjadi 7.903 diikuti S&P500 menguat 0,91 persen ke level 2.919 serta DJIA naik 0,7 persen menjadi 26.346.
 
Selama minggu ini (Senin-Kamis) asing telah mencatatkan total penjualan bersih sebesar Rp44 miliar pada pasar regular dengan mayoritas penekan berasal dari saham sektor konsumer. Samuel Research Team menilai fokus investor global saat ini adalah terhadap potensi pemotongan Fed rate akhir bulan ini.
 
Hal itu, lanjut Samuel Research Team, setelah data ekonomi AS semakin meningkatkan kekhawatiran resesi, sementara kesepakatan dagang antara AS-Tiongkok belum akan menjadi sentimen siginifkan bagi pasar domestik. Probability cut rate di Oktober naik menjadi 85,3 persen dari September 2019 sebesar 39,8 persen.
Click to Expose

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


"IHSG kami perkirakan berpotensi melemah seiring minimnya sentimen dari pasar. Sementara itu investor cenderung wait and see terhadap hasil negosiasi dagang AS-Tiongkok serta potensi pemotongan Fed rate akhir bulan ini. Investor kami sarankan antisipasi pelemahan lanjutan," sebutnya, seperti dikutip dari riset hariannya, Kamis, 10 Oktober 2019.
 
Sementara itu, saham-saham Amerika Serikat melonjak pada Rabu waktu setempat (Kamis WIB). Penguatan dapat terjadi karena investor meneliti risalah Federal Reserve yang baru dirilis dan adanya harapan terkait pembicaraan perdagangan antara Amerika Serikat (AS) dan Tiongkok.
 
Indeks Dow Jones Industrial Average naik sebanyak 181,97 poin atau 0,70 persen menjadi 26.346,01. Sedangkan S&P 500 naik sebanyak 26,34 poin atau 0,91 persen menjadi 2.919,40. Sementara indeks Komposit Nasdaq meningkat 79,96 poin atau 1,02 persen menjadi 7.903,74.
 
Semua dari 11 sektor utama S&P 500 diperdagangkan optimistis sepanjang sesi, dengan teknologi naik sebanyak 1,45 persen pada penutupan, melampaui sektor lainnya. Sedangkan Federal Reserve pada Rabu waktu setempat (Kamis WIB) merilis risalah dari pertemuan kebijakan September.
 
"Risalah FOMC (Komite Pasar Terbuka Federal) September memperkuat kemungkinan penurunan suku bunga pada pertemuan tiga minggu dari sekarang," kata Kepala Ekonom FTN Financial Chris Low, seraya menambahkan risalah menunjukkan peningkatan kekhawatiran tentang prospek ekonomi AS dan situasi internasional di antara para peserta FOMC.
 
Di data lainnya, Departemen Tenaga Kerja mengatakan lowongan pekerjaan AS, ukuran permintaan tenaga kerja, merosot menjadi 7,05 juta pada Agustus dari 7,17 juta pada bulan sebelumnya, menandai level terendah sejak Maret 2018.
 

(ABD)

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif