KSEI: Jumlah Investor Luar Jawa Terus Meningkat

Annisa ayu artanti 17 November 2018 07:31 WIB
beiksei
KSEI: Jumlah Investor Luar Jawa Terus Meningkat
Ilustrasi (MI/PANCA SYURKANI)
Surakarta: Kustodian Sentral Efek Indonesia (KSE) mencatat jumlah nomor tunggal identitas pemodal atau Single Investor Identification (SID) di luar Pulau Jawa terus bertumbuh. Hingga Oktober 2018, jumlah SID yang tercatat mencapai 1,53 juta atau tumbuh sebanyak 37 persen secara year to date (ytd).

Meski demikian, Direktur KSEI Syafruddin mengungkapkan jumlah investor di Pulau Jawa masih mendominasi dengan persentase 73,78 persen dan total aset Rp2.049,9 triliun. Dirinya berharap jumlah SID di luar Jawa bisa terus meningkat dari waktu ke waktu yang nantinya berkontribusi terhadap aktivitas perekonomian.

Di Sumatera, persentase jumlah investor terhadap total investor mencapai 14,35 persen dengan total aset Rp32,3 triliun, Kalimantan sebesar 4,44 persen dengan total aset Rp48 triliun, dan Sulawesi 3,44 persen dengan total aset Rp4,36 persen.

Kemudian, Bali, NTT dan NTB persentase jumlah investor sebesar 2,48 persen dengan jumlah aset Rp3,34 triliun dan Maluku serta Papua sebesar 1,14 persen dengan jumlah aset Rp1,25 triliun. "Potensi di luar DKI Jakarta dan luar Jawa masih sangat besar," kata Safruddin, di Surakarta, Jawa Tengah, Jumat, 16 November 2018.

Direktur Pengembangan BEI Hasan Fawzi menambahkan pertumbuhan jumlah investor dalam dua tahun terakhir telah tumbuh signifikan. Sebagian besar investor berusia di bawah 35 tahun. Perubahan tren usia investor dalam berinvestasi ini terus tumbuh karena beberapa infrastruktur yang disediakan pasar modal sudah lebih memudahkan kaum milenial.

"Inisiatif bersama OJK kita sepakat untuk mengemas produk yang pada prinsipnya memudahkan aksesibilitas kepasa investor muda. Produk terjangkau. Seperti dana awal Rp100 ribu," pungkas Hasan.



(ABD)

metro tv
  • Opsi Opsi
  • kick andy Kick Andy
  • economic challenges Economic Challenges
  • 360 360

Dapatkan berita terbaru dari kami.

Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

Powered by Medcom.id