BRI Beri Dana Talangan ke Waskita Toll Road Rp7,160 Triliun

Kautsar Widya Prabowo 31 Mei 2018 19:25 WIB
briWaskita Toll Road
BRI Beri Dana Talangan ke Waskita Toll Road Rp7,160 Triliun
BRI Beri Dana Talangan ke Waskita Toll Road Rp7,160 Triliun. (FOTO: Medcom.id/Kautsar)
Jakarta: PT Bank Rakyat Indonesia (Persero) Tbk memberikan dana talangan tanah sebesar Rp7,160 triliun untuk tiga badan usaha jalan tol yang merupakan anak usaha PT Waskita Toll Road yakni PT Cimanggis Cibitung Tolllways, PT Trans Jabar Tol, dan PT Kresna Kusuma Dyandra Marga.

Direktur Keuangan dan SDM PT Waskita Tool Road menjelaskan dana tersebut merupakan pembiayaan untuk pembebasan tanah pada tiga ruas tol, di mana nantinya akan diganti dengan menggunakan dana Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara (APBN) oleh pemerintah melalui Lembaga Manajemen Aset Negara (LMAN).

"Tujuan dana talangan sebagai wujud dari upaya mendukung percepatan pembangunan proyek infrastruktur di Indonesia, khususnya jalan tol," ujarnya di Hotel Bidakara, Jakarta, Kamis, 31 Mei 2018.

Ia menambahkan pembagian dana tersebut untuk ruas tol Cimanggis Cibitung sebesar Rp3,702 triliun, ruas tol Bogor Ciawi Sukabumi sebesar Rp2,078 tiriliun, dan ruas tol Bekasi Cawang Kampung Melayu sebesar Rp1,380 triliun.

Sementara itu, Direktur Utama PT Cimanggis Cibitung Tollways menjelaskan progres ruas tol yang dikerjakan telah mencapai 47,72 persen. Adanya dana talangan tersebut diharapkan dapat mempercepat pembebasan lahan.

"Dana tersebut untuk pembebasan lahan sesi satu yang telah mencapai 10 persen dan sesi dua mencapai 60 persen, di akhir 2019 dapat selesai semua," tuturnya.

Selanjutnya, untuk PT Trans Jawa Barat Tol, pemegang konsesi ruas tol Bogor Ciawi Sukabumi (Bocimi), dana tersebut dapat menyelesaikan pembebasan lahan seksi satu dengan panjang 15,35 kilometer yang dapat mulai beroperasi tahun ini.

"Ruas hingga Cibadak akan selesai 2020 dan Sukabumi Timur ditargetkan selesai 2021," ujar Direktur Utama PT Trans Jabar Tol Mokh Dadali.

Sedangkan Direktur Utama PT Kusuma Dyandra Marga Herwidiakto menambahkan dana talangan akan digunakan untuk ruas sepanjang 16 kilometer yang terbagi dua seksi 1A Cipinang Muara hingga Kampung Melayu.

"Sesi dua dari Jakasampurna ke Duren Jaya sepanjang 10,04 kilometer," pungkasnya.



(AHL)